Panen Rambutan Binjai

Liburan Natal dan Tahun Baru kemarin ini lumayan panjang,.. kalau di kampus Q libur udah mulai dari tanggal 20 Desember 2007 bertepatan dengan Idul Adha. Dan baru masuk lagi tanggal 14 Januari 2008. Tapi habis liburan panjang itu… OW OW…langsung UAS.. Waah bener – bener nggak bisa nikmatin liburan niy!! Yaaa mau gimana lagi, selagi masih ada waktu buat pulang ke rumah Q di Bogor. Sekalian bisa kumpul sama Mas Adi (kk Q) dan Audia Ndut (Adik Q) plus Iyem (si bibi), coz Papa & Mama lagi di Negeri Onta sana.

Untungnya Pohon Rambutan di halaman depan rumah Q lagi berbuah Buaaanyaaak banget merah – merah lagi dan ngelotok banget. Rambutannya termasuk jenis Rambutan Binjai, yang ternyata Q baru tahu Rambutan Binjai itu terkenal loh… bahkan katanya di Arab rambutan ini termasuk buah – buahan “ELITE” melebihi anggur. HUuumm koq bisa yaa?? :D Pohon Rambutan Binjai di rumah Q ini nggak terlalu besar, bahkan batang pohonnya sepertinya masih terlalu kecil untuk bisa dipanjat, tapi buahnya Yuhuuuu banyak bangeeet. Kalo mau ngambil tinggal bawa kursi keluar, trus Q bisa langsung petik deh…Biasanya paling banyak pas bulan Desember – Februari atau sekitar musim hujan. Naah berhubung Bogor itu nggak kenal musim kemarau atau musim hujan karena setiap hari pasti hujan, jadi pohon rambutannya bisa panen 2x dalam setahun. Lumayan kemarin dapat 1 karung beras ukuran 25 kg

Ini sedikit foto – fotonya

Rambutan Binjai Pohon Rambutan Binjai di rumah Q

Pohon Rambutan Binjai dsc00111.jpg Yuhuuu buahnya merah ranum

dsc00107.jpg dsc00113.jpg Pohon Rambutan Binjai

Panen Rambutan Binjai dsc00116.jpg huumm Oishi!!

Rambutan ini berasal dari daerah Binjai Sumatera Utara. Rasanya manis segar sehingga tak salah jika rambutan ini dilepas sebagai varietas rambutan unggul. Buahnya tampak menarik dengan warna merah mencolok dan berbentuk bulat agak lonjong. Kulit buahnya tebal dan agak keras. Rambut buahnya panjang, jarang, kasar, dan berwarna merah dengan ujung hijau. Daging buahnya berwarna putih, kenyal, dan ngelotok dengan kulit biji melekat. Daging buahnya agak renyah karena kadar airnya sedikit. Bijinya bulat dan berukuran sedang. Produktivitasnya termasuk rendah.

Rambutan ini memiliki manfaat antara lain Kayu pohon Rambutan cukup keras dan kering, tetapi mudah pecah sehingga kurang baik untuk bahan bangunan. Namun, kayu Rambutan bagus sekali untuk kayu bakar. Akar tanaman ini untuk obat demam, kulit kayunya untuk obat radang mulut, dan daunnya untuk obat sakit kepala sebagai tapal (popok). Daging buah yang telah matang dapat dikalengkan.

Lucunya niyy sewaktu Bi Iyem lagi nyapu halaman depan kalo pagi, suka banyak kulit – kulit rambutan sisa..entah siapa yang makan.. anak – anak kecil yang lewat juga suka kita kasih.. n yang pasti satpam kompleks yang suka mondar – mandir di depan rumah kita. Supir Cipaganti yang waktu ngejemput ke rumah waktu Q mau balik ke Bandung juga kebagian. Hohoho.. :lol: :lol:

14 Tanggapan

  1. Bagi dooooong… looks nyum nyum… ;)

    Yuppie.. so delicious..
    tapi sayangnya udah habis deeh kayaknya :P

  2. wah enak….. :)

    Manis looh bu.. airnya sedikit.. nglotok pula.. :P

  3. Harus aku akui, rambutan binjai so sweeeeet…!

    Musiknya cool…

    Salam kenal, and God bless!

    sekarang kayaknya rambutan binjai mulai mengalahkan pamor rambutan rafia deh.. *narsis* sama2 manis cuma dalam ukuran yang lebih besar..jadi lebih puas makannya
    GBU too :mrgreen:

  4. di semarang juga lagi banyak banget yang jualan rambutan..aduh jadi pengen..dipaketin bisa mbak?

    mau dipaketin pake apa.. DHL ? Fed Ex ? JNE ? Tiki ? apaaa paket POS? hohoho :lol: tapi ntar banyak semut tuh gimana?? sayangnya nggak bisa mas :P

  5. aq baru mau tanam rambutan binjai niy…. seneng kalo liat binjai buahnya byk…. selamat yaa

  6. kayaknya… bulan2 ini dah pada tumbuh kembang calon buahnya lagi….. jadi penasaran mau liat panen nya lg

  7. asik neh dirumahnya ada pohon rambutan. sama rambutan rafia bedanya apa mba?

  8. Katanya pohan rambutan binjai itu melebar, jadi banyak makan tempat

  9. @ Rafi : iya seneng deh pohon binjai ku meskipun kecil tapi buahnya banyak.. manis2 semua.. cuma ya itu.. banyak semut hitam2..hiiiiii berinding ngeliatnya :roll:

    @ Enji : hoho.. iya donk.. jadi bisa makan buah yang kita tanam sendiri tuh lebih nikmat enji.. :mrgreen: bedanya sama rafia, kalau binjai buahnya lebih besar, dagingnya juga lebih tebal.. manisnya sama..

    @ Titanih : yup memang melebar mba tumbuhnya.. malah pohon yang di rumah saya, sampai melewati pagar dan masuk ke rumah sebelah.. tapi gak apa deh.. sekalian berbagi dengan tetangga kalau lagi panen.. he he :lol:

  10. lagi pengin….nih! lama ngga makan buah rambutan benje….

  11. *Adi : temen-temenku yg ada dikota Binje ….lagi musim rambutan nda disana? saya dulu sklah stm dikota binje skrang kerja diBalikpapan-Kaltim, uda lama ngga pulang pingin rasanya mkn buah rambutan binje/dikrm bibitnya utk ditanam di kaltim………….he he bisa tumbuh ngga ya….!

  12. Kalo mau beli bibitnya dimana ya ? aku pingin tanam di Garut (600 dpl), bisa tumbuh bagus ? trm ksh

  13. setiap daerah punya ciri khas sendiri klo mau rambutan ya dtg aza ke binjai skalian wisata. tuk bulan ini sdg musim raya. datanglah,…dgn senang hati kami menerimanya.

  14. kalo tanam di Daerah Bogor Bisa gk yah….?? :-)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: