Biaya Hidup(ku) di Bandung

Murid kelas 3 SMA sekarang pasti dalam masa – masa penantian. Menunggu hasil UAN yang baru kemarin berlangsung dan yang paling dinanti adalah tentang SPMB atau Ujian Saringan Masuk lainnya yang kawan – kawan ikuti. Hayooo sudah menentukan pilihan belum, mau melanjutkan kuliah dimana??

Sudah seminggu belakangan ini saya memperhatikan halaman statistik, dan ternyata banyak yang kesasar ke blog ini melalui kata kunci : “Biaya hidup di Bandung”; “kuliah di Bandung”; “Biaya kuliah di Bandung”; “kehidupan mahasiswa Bandung” dan masih banyak rangkaian kata lain yang digunakan di mesin pencari. Sayangnya saya belum pernah memposting tentang hal – hal tersebut, ntah berapa korban yang mampir kesini tapi tidak mendapat apa yang mereka cari.

Yush.. baiklah, memenuhi request *halah* saya mau berikan sedikit gambaran bagaimana kehidupan mahasiswa di Bandung khususnya soal biaya dan ini saya alami sendiri. Setelah memasuki tahun ke 3, beginilah yang saya rasakan… hidup ala mahasiswa yang jauh dari orang tua. :mrgreen:

1. “Sewa kamar / kost”

Harganya tentu saja bisa bervariasi, dilihat dari ukuran kamar, jarak ke kampus, fasilitas – fasilitas yang ditawarkan (internet, tv kabel, dll). Kamar saya ukurannya sedang cukup untuk tempat tidur, 2 meja (meja tulis & meja komputer), 2 lemari (baju & buku), space kosong yang cukup, fasilitas internet 24 jam. Per bulan yang harus saya bayar Rp. 620.000,- (410rb kamar + 210 inet).

Rata2 untuk ukuran kamar 2,5 x 3m sekitar Rp.250.000 – Rp.300.000 (biasanya kamar mandi diluar). Ukuran kamar diatas itu Rp.400.000 – Rp.750.000. Penting buat ditanya ke penjaga kost, apakah harga kamar itu sudah termasuk biaya listrik atau belum. Karena ada yang mengenakan Rp.15.000,- per alat elektronik yang dibawa. Ada juga tempat kost yang harga sewa kamarnya selangit… bisa mencapai Rp.1.000.000 – Rp.1.500.000 :shock: biasanya lokasi dekat dengan kampus, di daerah belakang kampus Unpad yang rumahnya gede2 tuh biasanya,atau tempat kost yang terlihat seperti flat (istilahnya Kost Sangkar Burung) jumlah kamarnya banyak dan tempat parkir yang lumayan luas. Daerah kost anak Unpad biasanya di Depan Monumen DU, Sekeloa, Belakang kampus, Cisitu, Tubagus Ismail. Anak ITB biasanya di Cisitu, Tubagus Ismail, Pelesiran. Anak Unpar di Jl. Ciumbeuleuit, dan Jl. Bukit Jarian (Hooo daerah sini mahal2). Oh ya.. jangan lupa perhatikan lingkungan sekitar… saya sarankan ambil di daerah Sangkuriang-Cisitu (Kompleks Dosen ITB.. tempatku :mrgreen: ),dan Tubagus Ismail untuk anak Unpad & ITB… meskipun harus naik angkot lagi untuk ke kampus, tapi lingkungannya lumayan baik. Kalau daerah Monumen DU, Sekeloa, Pelesiran..huumm gimana yaa… harus lihat sendiri deh.

2. “Biaya Makan”

Mahasiswa identik dengan hidup serba ngirit. Tapi untuk urusan makan harus punya budget yang sebaiknya jangan diirit – irit. Makan 3x sehari, yang bergizi 5 sehat 4 sempurna” lho?? dan harus bersih, karena banyak mahasiswa Bandung yang sakit tifus & diare gara2 ini. Kalau ke dokter, pasti dokternya senyum2 sambil bilang “ini penyakit mahasiswa niy, makannya nggak bersih ya?”. Kebetulan di tempat kost saya bisa ikut makan didalam, jadi tidak perlu repot cari makan diluar. Mba Sumini selalu on time kalau urusan masakan dan selalu banyak variasi, komplit deh setiap hari pasti ada Nasi (pastilah), lauk, Sayur, n kerupuk (hee ini pelengkap). Biaya makan di kost untuk 1 bulan, bebas mau makan berapa kali saya mengeluarkan Rp.300.000,- bisa dikurangi kalau kita lagi liburan (baca: pulang).

Hanya saja… jarang ada kost2an yang juga menyediakan makan di dalam, belum lagi kalau saya tidak sempat pulang untuk makan siang,atau kalau lagi bosen masakan rumah, saya makan disekitar kampus. Untuk sekali makan setidaknya antara Rp.6.000 – Rp. 8.000 (kalau makan di wr.tenda atau kantin). Saya dan kawan2 sering juga makan di Mambo (jl. Imam Bonjol) semacam food court sederhana, biasanya sekitar Rp.10.000 – Rp.20.000,- makanannya ada Mie Yamin, Lomie, Batagor, Pempek, Es Pa Oyen, Clemmons, Ayam Taliwang, dll. Jadi terpaksa siapkan budget tambahan Rp.250.000. (Total untuk biaya makan per bulan yaitu Rp.550.000,- ) Standar teman2 saya untuk makan dalam sehari biasanya Rp.20.000 jadi untuk sebulan yaitu Rp.600.000,-

3. “Ongkos Transportasi”

Beruntunglah yang ke kampus dekat, tinggal loncat jalan kaki, bagi yang harus naik angkot siapkan budget untuk transport. Angkot di Bandung masih lebih murah kalau dibandingkan di Jakarta atau Bogor sekalipun. Untuk jarak dekat cukup bayar Rp.1000, kalau lumayan jauh Rp.1500-Rp.2000, dan untuk jarak Jauh bisa Rp.3000an. Saya menyiapkan budget untuk transport dalam sehari antara Rp.5000 – Rp.8000 karena saya harus ke tempat les yang cukup jauh dari rumah. Jadi dalam sebulan kurang lebih Rp.250.000 untuk transport. Naahh yang bawa kendaraan… saya belum bisa kasih gambaran, karena saya tidak bawa kendaraan.

4. “Keperluan Kuliah & Keperluan Bulanan”

Kalau ini tergantung dari jurusan yang kita ambil. Kebetulan saya bukan dari jurusan yang tugas kuliahnya mengeluarkan banyak biaya. Anak hukum, paling2 juga buat fotokopi + jilid, ke rental, print, beli kertas, jadi budget untuk ini cukup sediakan Rp.150.000 dan biasanya malah sisa banyak. Lain lagi dengan anak teknik atau desain.. teman2 kost saya semuanya anak ITB Seni Rupa, wuuuiih kalau sekali bikin tugas macam2 bahannya, alatnya, pokoknya mahal deeh, jurusan Arsitek yang lagi ngambil studio apalagi.. karena harus bikin maket dan nge print dalam ukuran bueesaaar. Mereka bilang siy punya budget sekitar Rp.400.000 – Rp.500.000. Untuk keperluan bulanan, saya sediakan budget Rp.100.000. Huuum tapi… untuk urusan belanja bulanan ini saya lebih suka belanja kalau lagi ada orang tua berkunjung.. he he.. bisa memenuhi keranjang tanpa pusing selisih harga.. :lol: *forgive me papa-mama*

5. “Lain – lain…: Les / Kursus, Jalan2…”

Daripada bosen kuliah sehari cuma 2-5 jam, bolak-balik Kost & Kampus, lebih baik manfaatkan waktu luang dengan ikut les / kursus atau kegiatan yang bisa menambah nilai +plus+… Karena di Bandung itu kota mahasiswa, jadi banyak tempat kursus sampai travel yang memberikan harga khusus untuk mahasiswa. Saya sendiri mengambil les Bhs. Inggris di LBPP-LIA dan Bhs. Jepang di JLCC. Biayanya terjangkau, dan dibayarkan perpaket (per tingkat). Untuk Kelas TOEFL di LIA dengan masa belajar 3 bulan yaitu Rp.850.000,- dan Bhs. Jepang Rp.575.000 masa belajar 4 bulan (jadi rata2 perbulan Rp.350.000)

Kita juga butuh refreshing… dan untunglah Bandung sangat mendukung dalam hal ini. Banyak tempat2 yang OK buat jalan dan sekedar window shopping. Ada Ciwalk, Paris van Java, dll… kalau ada film bagus, kita selalu pilih antara hari senin – kamis biar dapet “no-mat”. Budget untuk ini… Rp.100.000 saja (awaaas over budget!!)

Jadi kalau ditotal semuanya… biaya hidup(ku) di Bandung itu….

Rp.620+Rp.300+Rp250+Rp.250+Rp.150+Rp.100+Rp.350+Rp.100 =

“Rp. 2.120.000″

Catatan : Belum termasuk bayaran kuliah per semester… karena bervariasi juga.. malah di Fakultas saya tiap tingkat bayarannya semakin menurun. Dan sekali lagi… biaya hidup di Bandung ini tergantung dari jarak tempat tinggal, kegiatan, dan keperluan kuliah lainnya :mrgreen:

61 Tanggapan

  1. wadawww…
    kok bnayaka sekali peluna….

  2. bener tuhh perhitungannya. tapi kudu diperhatikan juga biaya kost-nya bisa lebih besar atau lebih murah. hihihihihi.

    maklum anak kos-an. enjoy, peace and love.

  3. makanya dirku yg juga mahasiswa juga mesti nyari sampingan drpd kesusahan

  4. @ beh : iya memang banyak ternyata keperluannya setelah dirinci..

    @ Zener : tempat kost yang penting rumahnya nyaman, bersih, dan lingkungannya mendukung. Perhitungan itu berdasarkan catetan saya lho mas

    @ Hanggadamai : teman2 saya juga banyak yang ngambil part-time job, beberapa ada yang di McD untuk masa kontrak 3 bulan. Kalau saya nggak boleh sama ortu… kalau ada waktu luang lainnya mendingan tiduuur.. :mrgreen:

  5. request by statistic..itu perlu ktnya..apalg buat trafik..
    kl pun ngga ngejer trafik..tetep amat sangat bermanfaat informasinya..
    apalg di lain waktu masi akan banyak yg butuh informasi langsung dan detil spt ini..

    cewek biasanya emang lbh perhitungan :)
    di jogja, sekali makan selevel anak kos nasi+sayur2an+telur+tempe+tahu tanpa daging/ikan masi dpt di bwh 5 rb..tempat lumayan bersih.. :D

  6. @ Dani : Yup.. masalahnya kasihan banyak yang kesasar ntah ke posting yang mana :D
    memang saya selalu bikin rincian pengeluaran perhari.. 8) hohoho
    buat LPJ ke ortu :mrgreen: *ngumpulin bon2 pengeluaran*

  7. wah,jadi pengin ngitung biaya hidupku di sini..

  8. Besar juga ya biaya hidup di Bandung ini, tapi mungkin masih lebih murah dibandingkan dengan di jakarta, itupun kalau ngekost, kalau tinggal dengan orang tua bisa lebih murah.
    Memang enak ya di bandung, bisa kuliah sambil refreshing

    kamu jurusan hukum? kok lesnya bahasa jepang? kenapa bukan bahasa belanda saja, di Bandung sepertinya ada Erasmus juga tuh

  9. joh!…disemarang ajah…lebih murah… :mrgreen:

  10. @ Lahapasi : bener tuh.. kasih tahu kita juga donk.. biaya hidup di Jepang itu gimana? *penasaran*. Someday I’ll be there *hope*

    @Ryanandi : Kalau di Jkt udah pasti lebih mahal… berat di ongkos, berat di konsumsi :shock:
    Memang, kuliah di bandung itu enak… udaranya pun enak, suasana menentukan prestasi juga lho *menurut ku*
    Yap bener, saya kuliah di fak. Hukum. kenapa les bhs Jepang, huum karena pingin kesana, ntah bisa kuliah lagi disana atau apapun. Saya suka kebudayaannya… menarik *suka J-dorama & J-pop juga*
    les bhs jepang biar ngerti kalo nonton dorama

    @Abeeayang : teman saya yang juga di Unpad tapi yang di kampus Jatingangor Sumedang juga bilang biaya hidupnya lebih murah, terutama untuk biaya kost dan makan :roll:

  11. informasi penting banget nih…bisa jdi pembanding untuk nentuin pilihan……(kuliah & kos) ta’bagi ke keluarga yg butuh…. btw thx ya udah mampir di blogqu

  12. ualah
    mahal banget ya
    kalo gitu aku gak kuliah di Bandung deh
    mending S2 di luar negeri aja biar gratis :)

  13. @ Rita NI : bener bener.. info penting untuk calon mahasiswa dan ortu *semoga saja bermanfaat*

    @ Achoey : i hope so… pokoknya sebelum dapet beasiswa ke LN.. blom mau kuliah lagi.. ^^ Amin..^^ ayo cari beasiswa, biar nggak pusing mikirin $munny$ bahasanya facebook
    Japan… Tokyo Daigaku..wait for me 8) *ganbatte kudasai*

  14. Refreshing 100.000
    keknya kurang deeehhh …
    Bandung teaaa …

  15. he he.. tahu aja.. keseringan over budget memang… :twisted: jadi tarik ulur sama budget yang lain. takut dimarahin ortu

  16. wekks..itu biaya saat ini ya? wah bakal jadi berapa nanti 19 t lagi saat anak saya mesti kuliah?

  17. @ Kabarihari : eeehh iya… *nunduk*
    itu biaya hidupnya.. kalau saya kebetulan masuk lewat jalur biasa (SPMB) jadi bayarannya terhitung murah.. tapi yang lewat ujian masuk (USM).. hoooo tidaaakk puluhan $Jeti$ :shock:

  18. Wah, kalau saya perbulan cuma ga sampe segitu. Cukup dengan 400.000 sebulan, sudah termasuk listrik, air, telpon, internet 24jam …. tapi tidak termasuk makan …. :D

  19. gila. bener2 mahal nok biaya hidup di bandung.

    *sambil geleng2 kepala*

  20. @ Permana : oh yaa 400/bln sudah dapat kamar dengan inet? wah wah… asyik bener.. kalau disini kost saya tergolong murah untuk yang pakai inet.. biasanya kisaran 750rb lebih *kostan temen*

    @ Anton : sebenarnya biaya hidup diatas karena saya banyak keperluan ekstra, seperti les, makan, dan transport. karena saya tidak bisa tinggal jalan kalau mau ke kampus. tapi kira2 segitu

  21. makasih infonya
    ada rencana mau ke bandung
    jadi bisa siap2 dech

  22. uh, perasaan di semarang hampir ga ada kost-kostan nawarin fasilitas inet, meski dengan biaya tambahan. asyik juga di bandung ya :p

  23. @ Realylife : sama2.. senang informasi ini dapat bermanfaat

    @ Ganes : eh mas Ganes.. kemana aja? :)
    di Semarang ya?… huuum ada kok ada… temen saya kuliah di Undip dan kostnya juga pasang i-net… tapi mereka juga patungan ber-7 dengan yang punya kost.

  24. waw…
    mahal juga yah ternyata…
    perasaan saya mah waktu di bandung ga semahal itu deh
    (ya iyalah… orang asli bandung, tinggal ma ortu)
    huehuehue…
    pis… :D

  25. Terimakasih infonya….sangat bermanfaat sekali untuk saya yang sedang bingung cari info biaya hidup dan tempat kost di Bandung.
    Mungkin ananda bisa kasih info juga tempat kost yang mempunyai fasilitas sama dg yang ananda tempati sekarang….termasuk makan dan cuci pakaian didalam…..disekitar SMAN 3 Belitung, SMAN 5 Belitung, SMAN 1 Dago, SMAN 7 Naripan atau SMAN 8 Buah Batu.
    Terimakasih sebelumnya.
    Jazakallahu khairan khatsiran.

  26. @ Ratoe : ooh maksudnya SMA 3 & 5 Bandung yang ada di Jl. Belitung? saya pikir di Belitung sana :P ; yang saya tahu di sekitar SMA 3 & 5 itu memang banyak rumah2, tapi saya kurang tahu apakah menyediakan kost atau tidak. Karena siswa SMA rata2 masih tinggal dengan orang tua, jadi jarang ada kost. Saran saya coba ambil kost disekitar Dago atas (dari simpang dago terus keatas) di seberang Borma dago ada kost putri 750 sebulan fasilitas internet, kamar mandi dalam, cuci pakaian, tidak termasuk makan. Atau bisa cari di Dago Kanayakan & Tubagus Ismail, karena untuk mencapai sekolah tersebut tinggal 1x angkot, sama juga dengan daerah kost di belakang Unpad dipati ukur (belakangnya RS. Santo Borromeus) banyak kost2an denga fasilitas sama, namun harga lebih mahal.
    Untuk daerah kost dekat SMA 1 Dago lebih banyak pilihan yang dekat dengan sekolah, karena dekat juga dengan kampus Unpad dan ITB. Perumahan di belakang mesjid Salman ITB banyak kost2an, atau di daerah balubur (hanya saja daerah kurang baik, menurut saya). Pilih kost di belakang rs. Borromeus dekat kampus Unpad seperti yang saya bilang tadi juga bisa, karena dekat dengan SMA 1.
    Kalau SMA 7 & 8 saya kurang tahu daerah sana, karena jauh sekali dari tempat tinggal saya dan jarang main kesana.
    Masalah makan, kalau tinggal di daerah kost2an mahasiswa, biasanya banyak. Mulai dari warung tenda pinggir jalan sampai warung nasi yang lumayan lengkap (beda dengan warteg yaa) dan kantin. Untuk kebersihan sebaiknya pilih2, wr.nasi dan kantin rasanya lebih baik daripada wr.tenda yang dipinggir jalan. Soal harga, tergantung makanan yang kita pilih.
    Semoga menjawab pertanyaannya ;)

  27. Thx infonya.
    Bagaimana kalo artikel BIAYA HIDUP DI BANDUNG ini dilengkapi juga dengan BIAYA KULIAH di Bdg, (lho……nambah!!) mungkin ITB (tehnik mesin, elektro atau Penerbangan) so UNPAD (Pharmacy), dsb, spt uang masuk berapa…..persemester berapa, sehingga para ORTU yang punya niatan mengirim anaknya ke Bdg punya perkiraan biaya yang harus disiapkan.

    *BT MODE ON* :|
    kalau itu bisa DILIHAT disitus universitas yang dituju Mbaa
    tiap tahun bisa berbeda, juga tergantung jurusan. Apalagi sekarang sistem penerimaan mahasiswanya juga baru, masalah berapa uang pangkalnya pasti ada di situs tersebut. coba klik http://www.unpad.ac.id atau http://www.itb.ac.id
    kalau belum dapat yang dicari juga.. telepon bagian Humas :twisted:

  28. Bermanfaat banget nih infonya! Tenkyu ya, tapi mbak mo nanya nih, boleh kan? Cara ngindarin pergaulan yang (sory!) ga bener tu gimana ya? Bagi donk tips dan kiat-kiatnya! Saya nanya itu karna saya sekolah di pesntren 6 taon dan itu juga di pedalaman, jadi anggaplahlah saya ni masih lugu dan ga pernah tau yang namanya “gaul” itu apa, ya mbak ya!.

  29. @ Gele Soekamti : Hi Gele yang mau kuliah di Bandung niy ceritanya? :D
    Intinya pilih – pilih pergaulan, pilih teman. Karena kita ini tinggal jauh dari pengawasan orang tua, jadi faktor teman sangat berpengaruh. Terutama di Bandung memang pergaulan disini tergantung kitanya juga, mau ikut ke arah mana, mau “gaul” silahkan dan sudah tidak aneh lagi, atau mau yang biasa – biasa saja juga OK dan nggak bakal dibilang kuper juga. Kalau kamu yakin suatu hal itu tidak baik, sebaiknya jangan sekali – kali kamu coba daripada keterusan. gimana? :roll:

  30. beuh..lengkap pisan! tulisan yg bagus dan berguna bwt yg lg cari info. Salam kenal ;)

  31. Thanks 4YI, sampe tengah malam begini saya malah ikut2 nyasar ke situs ananda karena memang lagi cari kost buat anak…. sekali lagi nuhun pisan!

  32. Hirup di bandung teu awis da!!
    nu di luhur mah hirupna orang kaya nu teu ngarumasakeun sesahna milarian artos.
    eiu rincian hirup di bandung
    1. Kosan di bandung juga ada sekamarnya Rp. 150 rb.
    2. Sekali makan Rp.5 rb jadi sehari Rp 10 rb Sehingga sebulan Rp 300 rb (jadi anak kos harus ngirit!!!)
    3. Belanja bulanan Rp 100 rb
    4. Biaya kenakalan Rp. 50 rb
    Total jadi Rp. 600 rb sebulan

  33. Beh!! Bener buanget, nih… Infonya! Mslhnya, aq brusn bc,.. Skrg dah di bandung c., sbnrnya mslh duid kuliah, aq bs msk PMDK, cuman, kebanyakan mikir2… Jadi pndftrn pmdk dah tutup.Saran lho,bwt ade2 yg skrg kelas 3, mending mikir2 dr skrg d, mw kul dmn…Skrg aq lulus usm 3 unpar hi, byrny 22jt. Rata2 sgtu,.. oh brarti di sekitr unpar emg kostny mahal y… Tmnq kostnya 900 per bln, kamarny kecil, kmr mandi dlm c,cuman mwt 1 t4 tdr, 1 meja, 1 lemari…Gag ada internetnya…Mahal!! Cuma lingkgn kostny bgs.Makanan jg dsini plg mrh 7rb,.. Mnrt aq c, kk termask hemat bgt lho…Aq gag ckp klo segitu… Aq dkrmin ma2 c, perminggu. Oh y,Perhtunganny jgn terlalu hemat jg…Ntar kalo kurang,pusyangnya!Ampun…Hehehe.

  34. @ Poppy : Salam kenal juga ;)

    @ Deny : sama2 pak, semoga info saya bermanfaat sebagai gambaran dan perbandingan biaya hidup mahasiswa diluar uang kuliah.

    @ 666 : yaah boleh lah rincian anda demikian, kan saya sudah sebutkan ini biaya hidup versi saya. Hanya yang saya kurang setuju, masalah makan, biarpun anak kost irit tapi jangan sampai makan juga harus diirit dan makan di tempat yang kurang bersih malah bikin penyakit. Penyakit langganan mahasiswa itu tifus dan diare lho… :twisted:

    @ Uth : Yup dulu saya juga berencana masuk Unpar, dan cari kost di daerah sana (sekitar bukit jarian) mahal – mahal dan dengan fasilitas yang biasa saja. Dengar2 mahasiswa Unpar banyak yang tinggal di Ciumbeuluit Apartement.

    @ Ian2 : ok thanks link nya

  35. kalo aq hidup di bandung gimana yach,,,………????????

  36. jadi perantau emang harus serba nekat. nekat kalo mo pulang kampung, nekat tidak ngerjain PR……

  37. wadow..
    itu termasuk mahal ga ya?
    (binun aku!)

    eh, klo ank2psikologi unpad gmana ya biaya hidupnyah?heheh.

    bdw,tengs bwadh infonyah…
    really helpful!

  38. @ Lanny : ok lanny thanks link nya.. mungkin ada pengunjung yang butuh lebih banyak info soal kuliah di bandung.

    @ Ipunk Cakep : yaa asal bisa jaga diri & pergaulan, fine2 aja kok.

    @ Syane : kalau menurut saya masih wajar, kalau dilihat dari biaya kost, makan & keperluan kuliah..karena banyak teman2 yang sewa kostnya jauh lebih mahal & biaya hidup yang lainnya pun jauh lebih tinggi dari ini.
    Anak psikologi itu rata2 tinggalnya di Jatinangor karena kampus mereka disana. biasanya lebih murah biaya hidupnya, karena kamar kost disana tidak terlalu mahal seperti di bandung, untuk biaya makan juga lebih murah ;)

  39. gw pernah tinggal d bandung, cm 2 bulan doang. kosan gw d blakang kampus unpas di setiabudi, harga kamarnya 300000, udah termasuk listrik. makannya masih ada yang harga 2500, g’ tau skrng.

  40. Waduh100x… to expensive
    kira biaya hidup di Sekolah Tinggi Pariwisata BANDUNG {STP Bandung}, sama gak ama di daerah lain di bandung. Cos q mau berencana kesana taon ini.

  41. waduh repot nih untuk jadi mahasiswa aja butuh 2 jt lebih sebulan yah…pas lulus nanti minta gaji berapa yah….. yang pasti ngak mau di bawah 2 jt donk kalo di bawah itu mening kuliah terus deh enak di bayarin ortu…. pusing dech…
    tapi hidup terus berjalan tergantung versinya masing masing..orang kata hidup di jakarta itu mahal tapi masih ada tuh nasi uduk 4000 perak..hidup di bandung mahal tapi masih ada tuh bubur ayam 3000 perak bala bala 400 perak.. jadi jalani aja dulu..Please Dont Give UP

    Salam

    orang Bandung yang hidup di bawah kemampuan di Doha Qatar, ternyata biaya hidup di Bandung dengan di Doha tidak jauh berbeda yah karena orang bilang hidup di doha mahal tapi saya masih bisa mengirim banyak dolar ke BDG

  42. @ Yos : huum sepertinya masih ada untuk kamar kost 300rb sebulan.. tapi kalau makan 2500, mungkin sekarang sudah jarang. harga2 naik smua :(

    @ Naufal : kalau tidak salah STP menyediakan asrama yang tentunya biaya hidup bisa lebih murah. coba tanyakan ketika mendaftar. gud luck

    @ AING : yah tergantung pribadi masing2. saya kan hanya ingin berbagi info tentang bagaimana biaya hidup saya di Bandung. mungkin bermanfaat dan dapat menjadi gambaran bagi yang sedang cari info. btw thanks komennya :)

  43. mau tau nih, kalo kamu ngekos daerah mana yaa??

    Saya baru mo masuk itb thn ini, kmaren nyari2 kos di daerah cisitu-sangkuriang,kok harganya pada mahal2 ya? Yang saya ktemu dibawah sjuta cuma 1, itu aja parah banget kondisinya…

    Please bantuannya ya, untuk yg skrg baru dpt yg1,2 (bused dah mahal bneer! saya ajah nulisnya sebel).

    Ada rekomendasi kos murah??

  44. Humm.. ngeliat biaya hidup yang gak murah gini jadi pesimis saya menjalani masa kuliah mulai tahun depan :(
    Karena ortu pun juga blom tentu bisa support selamanya.
    Mo cari duit kecil2an tapi bingung mulai darimana..

    Btw thx for sharing ^^

  45. waw….. infonya berguna bgt…………

    tpi kug banyak bgt yah………ckckckckck……

    bisa” batal deh ke unpad………………

    hmmmmm sebulan bisa 2jt lebih……

    hadoh….. puyeng”

  46. haduh, tetehna boros pisan nyak..saya 1juta jg udah hepi…ksihan ortu saya dan adik2 saya

  47. Thx infonya.
    Btw, kalo ke JLCC dari simpang dago naik angkot ap y?

  48. Kalo yang deket UPI kira2 biaya kost berapa? Syukur kalo bisa kasi gambaran lebih detail lagi. soalnya rencana adekku mo kuliah di UPI taun depan.

  49. cari aja yang bu kostnya punya anak cantik sekalian dijadiin menantu — pasti murah hehehe

  50. gede banget jatohnya ya..

    mending ambil opsi tinggal di asrama aja.
    untuk yg mau ke ITB nih ada sedikit infonya

    http://bumi-ganesha.unit.itb.ac.id/

    dijamin bakal lebih murah biaya idupnya.. hehe

  51. wahhhhhhh
    nto dh irit2 lom?
    klw bisa kn agak hemat
    atau dikurangi gto
    ksian ortu kita

  52. Waaahhh kalau sampe 2jtan perbulan….aku ga bisa makan nieh?

  53. thanks infonya tapi apa di sekitar kampus (unpad/itb)gak ada mesh/asrama itung itung irit maklum mahasiswa

  54. Tapi buat biaya keperluan mendadak gimana? Kalau bisa buka bisnis atau kerja sampingan buat uang jajan sendiri hehehe .. Keep smile aja buat anak kost kaya kita :) God Bless You :)

  55. Waaaa ~ banyak yg perlu diperhitungkan yaah.. Harus krja kras nih ngumpulin biaya kuliah :) 6bulan lagi tamat SMA.. Hehe FIGHTING! Thanks kak ceritanya, sya jd dpet gambaran :) ganbatte ^^

  56. Hahaha, sebenarnya sama ajanya. Hanya saja kalau di bandung itu pisah dari orang tua. Jadi kerasa deh semuanya. Padahal bila dibandingkan dengan biaya hidup kita di kampung biaya yang dikeluarkan orang tua di bandung dengan biaya di kampung sama ajanya. Yang penting kalau ke bandung tujuannya kuliah ya kuliah yang bener. Harus niat dari dalam hati. Dan harus punya niat tamat kuliah mau kerja dimana atau jadi apa. Jadi ke bandungpun ga sia sia biaya yang dikeluarkan banyak sementara kita ga bener kuliahnya di bandung. Mending di kampung sekalian.

  57. Terima kasih komennya semua..
    Mungkin ada beberapa pos pengeluaran yg bisa dihemat, seperti biaya untuk kursus. Kenapa saya ikut beberapa kursus selama kuliah..? Karena banyaknya waktu luang diluar kuliah, tugas, keg.mahasiswa, jadi akan sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan. Buat gambaran aja, dalam sehari paling banyak 3 mata kuliah, bisa jadi banyak jeda waktu kosong atau siang pun sudah selesai. Di bandung banyak tempat kursus yg bagus, dan jarak lumayan dekat, jadi harus dimanfaatkan.

    Kalau ada yang protes dgn tulisan ini, ya monggo… Siapapun boleh komen disini, asal tetap sopan ya. Dan coba dibaca lagi judulnya saja sudah biaya hidup KU di Bandung. Bisa lebih hemat dari ini, justru sangat bagus. Silahkan berpendapat.

    Syukurlah skr saya sudah lulus dan bekerja. Walaupun pasti tidak akan bisa mengembalikan biaya yg sudah ortu keluarkan, tapi ortu cukup senang dan bangga (Insya Allah) dengan pencapaian saya sekarang. Salam, Binchoutan. :)

  58. Punya anak msh SD dan baca biaya hidup anak kuliah di bandung segini langsung mau pingsan. Mahalnyaaaa. Terima kasih ya udh sharing. Skrg saatnya tetep kencangkan ikat pinggang nabung dan berdoa terus spy bs nyekolahin sampe kuliah apalagi kuliah di ITB. Aamiin.

  59. duh,,, jdi lemes langsung,.. pdahal kmrin smangat bgt mau ke UNPAD,.. mhal bgt biaya nya,.. 2 juta lebih,.. uang darimana,..
    udahlh, moga aja SNMPTN yg di UNPAD nya kagak lulus,…
    kasihan ortu, skrg aja udh pusing pdhal baru mau Slesai SMA…

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

