Kalau Mahasiswa Membuat Proposal

Bagi mahasiswa yang aktif di kegiatan – kegiatan kampus, pasti sudah tidak aneh lagi dengan “proposal”. Setiap kali mau mengadakan acara yang membutuhkan perizinan dan dana, proposal akan menjadi senjata penting untuk mencapai tujuan yang dimaksud. Bagi sebagian besar mahasiswa membuat proposal itu mudah, tapi tidak jarang juga kita bingung ketika harus menulis proposal. Biasanya kita bingung bagaimana sistematikanya, kata – kata yang akan digunakan, layout, dsb.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan kawan – kawan tentang “PROPOSAL”, karena beberapa kali ikut kepanitiaan suatu acara, job desk saya tidak jauh dari sekretaris yang berhubungan dengan pembuatan proposal itu sendiri.

Proposal yang sering dibuat oleh mahasiswa antara lain : 1) Proposal pengajuan acara/kegiatan; 2) Proposal perizinan; 3) Proposal permohonan dana; 4) Proposal sponsorship; 5) Proposal Magang /Praktek Kerja; 6) Proposal penulisan tugas akhir. Beda tujuan, maka berbeda juga isi dari proposal yang akan dibuat. Berikut ini sekilas akan saya bahas sesuai pengalaman saya membuat proposal agar suatu acara atau kegiatan dapat terlaksana.

1) Proposal Pengajuan Acara atau Kegiatan; Perizinan; dan Permohonan Dana

Proposal ini biasanya ditujukan kepada pihak kampus tempat organisasi mahasiswa itu berada, bisa ke pihak Dekanat atau Rektorat tergantung peraturan masing – masing kampus. Tampilan dari proposal ini umumnya formal, berbeda dengan proposal sponsorship. Sistematikanya yaitu :

a. Pendahuluan

Bagian ini menguraikan secara singkat-jelas-padat apa yang melatarbelakangi diadakannya suatu kegiatan dan mengapa kegiatan ini perlu untuk diadakan. Bisa dimasukkan isu – isu yang sedang berkembang, apa hubungannya dengan organisasi mahasiswa yang mengadakan, manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini. Untuk bagian pendahuluan jangan terlalu panjang cukup satu halaman dan paling banyak 1 ½ halaman.

b. Maksud dan Tujuan Kegiatan

Uraikan per-point maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut

Contoh :

1. Melalui kegiatan ini diharapkan………..

2. Menambah pengetahuan, wawasan……….(dst)

3. ….Dst….

c. Kegiatan

Sebutkan apa nama acara ini, bentuk kegiatannya, siapa pesertanya.

d. Waktu dan Tempat Kegiatan

Sebutkan kapan pelaksanaannya dan dimana diadakannya.

e. Susunan Panitia

f. Susunan Acara

g. Anggaran Biaya

Anggaran biaya ini harus disusun berdasarkan survey terlebih dahulu atas semua keperluan dan kebutuhan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan, jangan sampai panitia kekurangan dana nantinya. Bagian inilah yang paling diperhatikan baik oleh Dekanat, Rektorat dan Pihak Sponsor. Bagian ini bisa dipaparkan langsung dalam bab ini, atau terlampir (setelah penutup).

h. Penutup

Biasanya cukup satu paragraph saja, mengutarakan harapan agar kegiatan ini dapat terlaksana dan kerjasama pihak terkait serta ucapan terima kasih. Diikuti tanda tangan dari ketua panitia dan pihak Dekanat selaku Pembina atau pelindung

i. *Term of References* (TOR)

Khusus bagian ini disertakan dalam lampiran yang menyatu dengan proposal ataupun terpisah, yang “Hanya” diberikan kepada pihak yang membutuhkan seperti Pembicara, Narasumber, dll dalam suatu seminar atau workshop. TOR ini merupakan lingkup materi apa saja yang diinginkan panitia untuk disampaikan oleh pembicara. Isi dari TOR ini dapat pula didiskusikan dengan pembicara. Umumnya TOR tidak disertakan dalam proposal untuk keperluan perizinan, permohonan dana dan sponsorship.

2) Proposal Sponsorship

Secara garis besar sistematika dari Proposal Sponsorship ini sama dengan proposal pengajuan acara atau permohonan dana, terdiri dari : Pendahuluan, Maksud dan Tujuan, Kegiatan, Waktu dan Tempat Kegiatan, Susunan Panitia, Susunan Acara, Anggaran Biaya, Penutup. Namun bedanya proposal untuk sponsorship ini dibuat lebih menarik, baik dari layout tiap halaman, kertas yang digunakan hingga bentuk jadi dari proposal itu sendiri. Simple & Menarik, sesuai acara yang akan diadakan.

3) Proposal Magang atau Praktek Kerja

Untuk keperluan melamar magang selain Proposal, biasanya dikirimkan bersamaan dengan Surat Pengantar dari pihak kampus, Surat Rekomendasi, Transkrip Nilai terakhir, CV. Proposal magang ini dibuat sesuai kebutuhan dari peserta magang. Tidak semua instansi tempat kita melamar magang mensyaratkan harus menyertakan proposal. Namun ada juga yang meminta peserta magang untuk menyertakan proposal magang yang berisi apa dan untuk apa magang ini dilakukan oleh pelamar, bidang yang ingin ditempati, hingga focus penelitian bagi pelamar yang sekaligus ingin melakukan penelitian tugas akhirnya. “Proposal Magang Kerja” yang saya buat yaitu dengan sistematika sebagai berikut

a. Pendahuluan

Berikan paparan singkat tentang program magang yang akan dijalani oleh pelamar, apakah ini merupakan program wajib fakultas, kenapa pelamar ingin magang di instansi atau perusahaan yang dituju. Jika proposal ini menyangkut penelitian yang akan dilakukan pelamar, sebutkan juga isu – isu atau bidang yang ingin diteliti, yang melatarbelakangi pelamar mengajukan magang di instansi tersebut.

b. Identifikasi Masalah

Dari pemaparan latar belakang tadi, lalu rumuskan menjadi beberapa poin pertanyaan “?” menyangkut apa yang sebenarnya ingin diteliti oleh pelamar.

c. Tujuan

Sebutkan apa saja yang menjadi tujuan yang ingin dicapai pelamar dari program magang yang dijalaninya. (sebutkan per-point)

d. Metodologi

Bagian ini akan memberikan penjelasan kepada instansi atau perusahaan yang menerima pelamar magang, apa saja yang akan dapat dilakukan, sejauh mana job desk yang akan diberikan dan apa saja yang dibutuhkan oleh pelamar magang.

e. Kegiatan

Bagian ini kembali menjelaskan kegiatan apa yang akan dilaksanakan dari program magang ini. Sebutkan pula jangka waktu yang diajukan oleh pelamar dan jumlah jam kerja yang harus dipenuhi oleh pelamar (jika menjadi syarat dari kampus). Namun ada pula instansi yang menentukan kapan pelamar dapat memulai dan selesainya magang kerja ini.

f. Peserta Magang

Jika proposal ini diajukan atas nama individu, sebutkan dengan jelas nama, fakultas & universitas asal pelamar, alamat rumah, nomor telepon (rmh & hp) sehingga mudah dihubungi, email, dll untuk dapat mudah dihubungi.

g. Penutup

h. Lampiran

Dalam lampiran ini sertakan Curriculum Vitae (CV) dari pelamar magang dan sebaiknya dalam CV tersebut tertera foto pelamar.

4) Proposal Penulisan Tugas Akhir

Proposal ini ditujukan untuk keperluan pengajuan penulisan tugas akhir. Sesuai dengan peraturan di fakultas saya, saat ini untuk menulis tugas akhir mahasiswa terlebih dahulu harus melalui Sidang Usulan Penelitian (UP). Oleh karena itu mahasiswa pun diharuskan membuat proposal penelitian untuk penulisan tugas akhir. Secara garis besar memaparkan tentang apa yang akan dibahas dari tugas akhir (untuk mahasiswa fakultas hukum yaitu : Skripsi, Legal Memorandum dan Studi Kasus) mahasiswa yang bersangkutan. Antara lain berisi Latar belakang masalah, Identifikasi masalah, Maksud dan Tujuan Penelitian, Kegunaan Penelitian, Kerangka pemikiran, Metode penelitian, Sistematika penelitian, Rencana Anggaran, Jadwal Kegiatan (rencana lama waktu penulisan).

Maaf… Request Proposal DITUTUP…karena yang punya blog lagi sibuk & ribet & repot kuliah + skripsi… harap maklum yaa  ^___^”

jadi kalau ada yang request proposal… sekarang ini blom bisa…  :roll:



Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kawan – kawan yang sedang menyusun sebuah proposal.

Salam,

:roll: Aprilia Gayatri :roll:

128 Tanggapan

  1. saya sangat membutuhkan contoh proposal sponsorship.. terimakash.

  2. Proposal permohonan dana

  3. saya sangat membutuhkan contoh proposal sponsorship

  4. saya sangat membutuhkan contoh proposal magang atau praktek kerja, mohon kirimkan contohnya.

    terima kasih

  5. saya pingin contoh proposal sponsorship utk kegiatan kampung dan proposal magang plus perijinan. thanks. infonya sangat berguna lho

  6. @ Ocha ; Ridwan AZ ; Mooi ; Bayu… contoh proposal sudah dikirim… sudah terima blum??

  7. saya membutuhkan contoh Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi .
    Terima kasih sebelumnya :)

  8. saya sangat mengharapkan bantuan Anda, tolong kirimkan contoh proposal magang yang berkaitan dengan K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) ke alamat email saya, alwayseffort@yahoo.com
    karena saya benar2 sangat membutuhkan proposal magang tersebut. As Soon As Possible!!!!
    Terima Kasih atas bantuannya.

  9. saya ingin contoh proposal magang tentang K3….. tolong kirim ke email saya ya………

  10. @ Aina : Contoh proposal pengiriman delegasi sudah saya kirimkan, tinggal kamu sesuaikan dengan acara & keperluannya yaah ;)

    @Rofaul Husnawati : “As Soon As Possible!!!!” ??? *BT Mode ON*
    Saya hanya punya proposal magang bidang migas. Jika mau silahkan beritahu saya lagi. Sorry blog ini tidak menerima request proposal dengan materi tertentu. :twisted:

  11. saya ingin contoh proposal magang……. tolong kirim ke email saya. Terima Kasih.

  12. saya mohon maaf ya……klo AS SOON AS POSSIBLE membuat Anda jd BT…… maaf ya………

  13. prposal penulisan tugas akhir

  14. tolong yah,,,, dikirimin contoh proposal penulisan tugas akhir…
    terimakasih…

  15. @ Rofaul : proposal magang kerjanya sudah saya kirimkan. Good Luck ;)

    @ Asnat : sorry.. saya sendiri belum membuat proposal penulisan tugas akhir. Kalau mau request contoh proposal pilih saja dari 7 proposal yang ada. ok :roll:

  16. proposal penulisan tugas akhir

  17. proposal magang kerja

  18. saya mau contoh proposal magang kerja donk.
    Sblm na ThankQ yaa….:)

  19. @ Hadi : Kebetulan saya sendiri belum menyusun proposal penulisan tugas akhir. Namun proposal magang kerjanya sudah saya kirimkan.

    @ Tia : Message has been sent to your email ;)

  20. salam kenal
    saya minta bantuan proposal yang nomor 6 yaitu permohonan dana/sponsor pada perusahaan.
    terima kasih atas kerjasamanya.

  21. tolong dunk kirimkan saya contoh surat pengantar untuk magang sama proposal penelitian untuk skripsi.saya lagi butuh banget nih……thanks ya..

  22. @ Victor : Proposal sponsorship sudah saya kirimkan ke emailmu…

    @ Cinta : Untuk surat pengantar magang.. itu tergantung bagaimana format surat dari kampus masing2. Sebaiknya kamu tanyakan bagian tata usaha di kampusmu.
    Trus untuk proposal penelitian skripsi… saya sendiri masih dalam tahap penyusunan pengajuan skripsi, jadi belum bisa saya kirimkan. Proposal yang dapat direquest..hanya dari nomor 1-7 saja ya!

  23. pLeaSe yaCh,,gW buTuh ProPosaL pen9ajUan DanA neYh??
    URGENT..
    tx..

  24. saya sedang butuh contoh proposal kegiatan.terimakasih…

  25. @ Rina & Sarah : contoh proposalnya sudah saya kirimkan..
    semoga acaranya sukses ya

  26. nta tlng dong gmn sichh cr buat proposal prom night .

    thx ya

    tlng cpt krim balik

  27. kirim dong Proposal sponsorship Seminar Perbankan Syariah. thanks before…salam kenal dari acc_voice.

  28. boleh minta contoh proposal acara seperti mot court competition

  29. dear,
    mba’ aprilia gayatri
    tmn saya pengen ngelanjutin kuliah S2, bsa ga mba tlong dikirimin contoh proposal permohonan dana/sponsorship buat ngelanjutin S2… klo punya bsa jg dikirim ke email tmn ku di choky_yacob@yahoo.com

    trimakasih sebelumnya….

  30. dear,
    mba’ aprilia gayatri
    tmn saya pengen ngelanjutin kuliah S2, bsa ga mba tlong dikirimin contoh proposal permohonan dana/sponsorship buat ngelanjutin S2…

    trimakasih sebelumnya….

  31. plizzz, mau donk proposal magangnya, ane buat magang di pertamina bagian SDM atau arsip!!!

    terima kasih

  32. kalau berkenan saya minta contoh Proposal magang ya. Thx

  33. @ Faris : saya tidak punya proposal prom. seperti yang saya sebutkan diatas, proposal yang dapat saya kirimkan hanya 7 proposal saja. gimana cara buatnya? sistematikanya tidak berbeda jauh dengan proposal sponsorship ada bagian untuk pengajuan kerjasama.

    @ Dey : ok sudah!

    @ Praz : boleh.. nanti yaa *segera setelah kembali ke bdg*

    @ Herman : maaf pak.. saya belum punya contohnya. lha proposal penelitian S 1 saja saya belum selesai :twisted:

    @ Ronal Suhadi : huuff tanda serunya kebayakan!!! ;) ok sudah dikirim kok, tinggal sesuaikan saja bagian pengantarnya dengan kata2mu sendiri

    @ Fajri : boleh..boleh.. rencana magang dimana? semoga sukses ya :mrgreen:

  34. mbak.. saya butuh banget contoh proposal magang..
    makasih banget sebelumnyaa…..:)

  35. mbak.. saya butuh banget contoh proposal magang..
    makasih banget sebelumnyaa…….:)

  36. mbAk..

    Leh mnT c/ pRoposal Workshop..??

    Sy pGn gYa bRu dLm p’bWatn proposaL..

    Qra zAh mBak p’y sSuatu yG bDa..

    tLong Qrimin yAwh..

    dTunggu..

    thx b4..

  37. Mampir ahhh… da lama gak mampir nihh…

  38. @ Resti : Yup baru saja saya kirim, maaf ya kelamaan, karena kemarin lagi mudik :mrgreen:

    @ Abhiel : boleh boleh.. tapi saya pakai gaya lama gimana donk? :mrgreen: karena workshop yang saya adakan acaranya formal..jadi proposalnya pun standar

    @ Blogesam : monggo2.. silahkan klak klik sana sini.. saya kunjung balik ya :roll:

  39. Terima kasih atas informasinya, saya sedang menyusun usaha bergerak dibidang EO dan ingin mempunyai beberapa contoh proposal yang bagus. dan tolong dikirimkan beberapa contoh dari no. 1 s/d no.5

    trimakasih

  40. hi saya mau minta contoh proposal permohonan dana, terimakasih y, anda sangat membantu saya

  41. Hallo…
    Saya boleh tak minta contoh proposal sponsorship & proposal no 1 n 2, Coz saya lagi belajar nih about EO,
    Thanks banyak…

  42. mbak saya mau minta contoh proposal magangnya ya….trims sebelumnya.

  43. @ Nugroho Agung : Sudah saya kirimkan beberapa… sisanya menyusul yaa.. karena belum sempat saya upload.

    @ Yosie : ok sudah saya kirimkan.. kurang lebih sama dengan proposal sponsorship

    @ Arul : yang baru saya kirim proposal sponsorship & nomor 2, sisanya menyusul

    @ Aris : yup sudah dikirim

  44. saya minta contoh laporan untuk magang, tolong kirim ke email saya, trimakasih

  45. aku boleh ga’ minta proposal magang?
    butuhnya sekarang

  46. @ Ndank : maaf diluar 7 proposal diatas tidak bisa di share. lagi pula laporan magang saya berisi banyak data perusahaan yang sifatnya rahasia. :twisted:

    @ Muchlis : alamat email anda sepertinya salah. coba cek lagi

  47. Saya minta bantuan agar bisa dikirim yang no 6.Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi..
    terimakasih banyak atas bantuannya

  48. kirimin Proposal sponsorship Seminar Perbankan Syariah dong… boleh kan… thank before

  49. . kirimin Proposal sponsorship Seminar Perbankan Syariah dong… thank before

  50. tolong dong sentme… contoh proposal yang berkaitan dengan perbankkan syariah

  51. sepertinya cocok jadi sekretaris nih..

  52. @ Najwa : baru saja saya kirim… tapi.. kayaknya email kamu salah deh, failed soalnya.. coba cek lagi

    @ Gita : Ok sudah dikirim…

    @ Hanggadamai : eeh ada mas Hangga.. gimana Bloggor?
    iya niy.. keseringan jadi sekretaris acara.. tapi sekarang udah jadi ketua acaranya donk… lebih pusiiing

  53. saya menbutuhkan proposal yg tertera dibawah ini:
    1. Proposal Kegiatan “Care & Share” ALSA UNPAD 2005

    2. 2. Proposal Kegiatan Moot Court Competition (MCC)

    3. 3. Proposal Kegiatan (perizinan) Int’l Legal English Certificate (ILEC) pre-test

    4. 4. Proposal Kegiatan Workshop bekerja sama dengan Law Firm

    5. 5. Proposal sponsorship Seminar Perbankan Syariah

    6. 6. Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi
    saya ucapkan terima kasih…..

  54. maaf kelupaan email saya imam_one1@yahoo.com

  55. tolong kirimin contoh proposal untuk minta ijin kepada suatu perusahaan untuk melakukan survey atas perusahaan tersebut

  56. @ Imam: Baru saya kirim beberapa.. sisanya mungkin menyusul, tapi tidak bisa dalam waktu dekat krena belum di upload.

    @ Sweety : maaf mbak Sweety yang manis.. seperti yang saya bilang dalam tulisan.. diluar dari proposal yang tertera tidak bisa di request.. Biasanya, kalau untuk melakukan survey, penelitian, minta data ke perusahaan cukup dengan surat pengantar, kecuali jika diminta hal lainnya. :roll:

  57. saya minta proposal untuk sponsorship donk! mkcie yup,oiya sxlian mnta mskn bwt sponsorna!kegtn yg g lakuin mc dlm akademik,nmana lahn kepemimpinan Tingkt dasar!dstu adaacara outbond,latihan orasi bwt demonstrasi ma lhth kepemimpinan,mkc yup seblmna!g tunggu emailna!

  58. terima kasih atas infonya, saya kebingungan membedakan antara proposal magang dengan PKL. Tolong berikan cntoh proposal antara keduanya ya.

    terima ksh

  59. saya kan ingin magang tapi tidak pkl, apakah magang perlu mengikutkan proposal juga. apa bedanya magang dengan pkl?

    tolong segera di balas terima ksh

  60. oh ya satu lagi bisa berikan juga proposal untuk kunjungan ke perusahaan atau industri kalo ada tugas wajib kuliah. untuk tempatnya terserah…

  61. kirimin saya contoh proposal untuk mengadakan acaraProposal Pengajuan Acara atau Kegiatan; Perizinan; dan Permohonan Dana.segera ya

  62. perlu proposal untuk pengajuan dana/sponsorship neh..

    jd yg 5. 5. Proposal sponsorship Seminar Perbankan Syariah

    dan
    6. 6. Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi

    thx 4 d help ^^

  63. mohon bantuannya…
    7. Proposal Magang Kerja (fokus penelitian bidang Migas)

  64. 7. Proposal Magang Kerja (fokus penelitian bidang Migas)

    Mohon bantuannya…

  65. @ Oki Irawan : aduh kok saya j4di bingung baca k0m3nt4r d4ri k4mu y?? kebanyakan singkatan2 tuh!

    @ Fleming : magang & pkl sebenarnya hampir sama, karena kegiatan keduanya adalah belajar bagaimana bekerja sesuai dengan bidang kita di tempat yang kita pilih sebagai tempat magang & pkl. Hanya beda istilah saja. Namun magang bisa saja dilakukan atas inisiatif sendiri, sebelum atau setelah lulus. Sedangkan pkl biasanya merupakan mata kuliah wajib yang disyaratkan oleh kampus yang harus ditempuh mahasiswa.
    Ingin magang tapi tidak pkl? berarti itu lamaran atas inisiatif sendiri. bisa kok..kenapa nggak.. sertakan saja CV, surat lamaran & transkrip nilai
    saya pun ketika magang itu bukan salah satu syarat wajib dari kampus, namun tetap saja menyertakan surat pengantar & rekomendasi dari Dekanat sebagai referensi bagi penyeleksi nantinya. Tapi itu tergantung aturan di kampus masing2.
    NB : Request hanya proposal yang disebutkan, diluar itu sorry nggak bisa.

    @ Yudha : baru saya kirim, tapi.. “Email kamu SALAH..” coba tolong cek lagi..!! :twisted:

    @ Giselle : yup sudah dikirim

    @ Han : aduuh ini juga sama.. Mailer Daemon Notice… email nya SALAH tuh… :(

  66. Suatu waktu mendapat e-mail dari orang yang tidak dikenal… E-mail itu masuk di spam… Pas mau gw hapus, gue iseng baca dulu…. Gue baca berkali-kali sambil gue renungin…. Ehhhhmmmm lumayan kreatif nih penggagasnya. Entah siapa yang memulai… namun yang jelas akhirnya gue ikutin program tersebut…
    Hasilnya..?? ? Saat ini belum ada… Mungkin setelah beberapa waktu ke depan baru ada hasilnya, itupun tergantung Anda mau ikutan apa gak..??? hehehe..
    Ok deh… segitu aja prolog dari gue… Setelah Anda membaca, keputusan ada di tangan Anda…
    Selamat membaca dan menganalisanya…..!!!!!!!

  67. tes

  68. contoh proposal magang.thx

  69. aku minta yang no6 ya. proposal pengajuan dana. aku mo buat proposal ke DPU buat permohonan dana untuk pengngkatan air dari sendang. daerahku kalau kemarau kesulitan air je. cepet ya…..

  70. mba, proposal yang mba krim ga bs dbuka!tlong krimn lg proposal untuk sponsorship!klo bs 3! biar bs membandingkannya!trima ksh ya mba!

  71. boleh tolong kirimin contoh proposal sponsorship ga ya?

    sebelumnya terima kasih banyak ya?!

  72. tolong kirimi contoh proposal magang secepatnya .thank’s…..

  73. contoh proposal magang ya.trims

  74. @ Quantumeconomics : Dilarang Promosi yang out of topic di blog saya :evil:

    @ Sutan Wijoyo : baru saya kirim.. maaf lama ya? lagi sibuk soalnya

    @ Ari : kayaknya proposal yang kamu minta (nomor 6), nggak nyambung deh dengan tujuan acaranya :neutral:

    @ Oki Irawan : format yang saya kirim .docx (word 2007).. aduuh banyak banget 3… :mad: ntar2 aja aah!

    @ Nicx : sip sip.. saya kirim sekarang

    @ Yuyun : actually i hate such comment like this one! sorry ya mba yuyun.. nda berlaku ladies first :oops:

  75. mau liat salah satu proposalnya dung

  76. tolong contoh proporsal magang yang baik, ya
    makasih

  77. Waaah…, baca-nya koq ya baru sekarang ya? Nyesel aku, hehehe…. (coba kalo dulu pas jadi mahasiswa, pasti aku contek semua nih..). by the way, tulisan yang bagus. minimal bisa sharing dg teman2 yang masih hobby “nyari kegiatan” di kampus. Thx,

  78. bisa dikirimin ke email saya contoh proposal magang kerja. soalnya saya sangat membutuhkan sekali. email saya : h4rr15cheung@gmail.com

  79. saya membutuhkan proposal untuk menikah lagi :mrgreen:

  80. @ Amirudin, Pola Risma & Haris : Sent..!

    @ Prie : iya donk mumpung masih mahasiswa harus kreatif

    @ Anggara : huumm blom pengalaman buat proposal ntu kang.. dilamar aja belum.. hohohohoooo :lol:

  81. mao dunk proposal magang nya.. thankss

  82. Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi

  83. -Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi
    -Proposal perizinan pembentukan organisasi….
    “thanks atas info nya ya kak”……….

  84. saya ingin melihat contoh proposal magang

    thanx….

  85. mas bisa minta contoh
    proposal magang

    tolong kirimkan ke mail saya :)
    dodiarfiadi@gmail.com

    terima kasih sebelum nya

  86. minta donk Proposal Kegiatan Workshop bekerja sama dengan Law Firm.
    makasih sebelumnya…

  87. minta donk Proposal Kegiatan Workshop bekerja sama dengan Law Firm.
    makasih sebelumnya…

    tolong email ke medo_imel@hotmail.com
    thanks banget…ditunggu ya..

  88. 7. Proposal Magang Kerja (fokus penelitian bidang Migas)

    thanks before…………. ^_^

  89. my email s_rossy@yahoo.com thanks yah

  90. mbak… mohon bantuannya donk…
    saya baru masuk kuliah S2 di Pasca Sarjana IAIN Sumut jurusan Pendidikan Islam,
    saya sangat membutuhkan contoh proposal bantuan dana kuliah S2.
    tolong mbak ya….
    email saya: m.rinaldikhair@yahoo.com

  91. @ Winda : maaf baru saya kirim tadi.. lagi sibuk kuliah ;)

    @ Habibi : proposal pengiriman delegasi saja yang ada. request yang disebutkan diatas saja ya!

    @ Surya : sent ..about a minutes ago..

    @ Gua Pinter (nama disesuaikan) : sent ..about a minutes ago..

    @ Imelda Sugiharti : sent ..about a minutes ago..

    @ Rossy : sent ..about a minutes ago..

    @ Rinaldi : yaah kuliah S 1 aja saya blum selesai.. mana pernah bikin proposal kuliah S 2 mas.. maaf yaa..request yang tersedia saja

  92. Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi

  93. tlg kirim contoh proposal buat sponsor yah. . thx

  94. Tolong kirimkan contoh proposal setelah magang.. pliiiizzzz..
    thx

  95. Liat Proposal magang nya donk…. Trim’s

  96. contoh proposal no 1

  97. linda minta proposal magang dong,.buat PKM di kuliyahan,.
    thx,.

  98. oia,.jurusan komunikasi konsentrasi PR yahh,.thx lagy,.

  99. @ haR : okay sudah dikirimkan

    @ Togar : yup..done!

    @ Widha : aduuh ini lagi.. mana ada proposal setelah magang? proposal kan untuk pengajuan.. kalau laporan magang itu tergantung kegiatan masing2..okeh?

    @ Ditha : sent..!

    @ Fando : belum di upload.. jadi saya kirim proposal sponsorship saja yaa.. kurang lebih sama

    @ Linda : sorry.. jurusan saya bukan fikom PR.. tapi hukum.. jadi gak ada deh yang kamu minta ;)

  100. aku mau ngeliat contoh proposal konser musik dunk….

  101. Alo, aku boleh minta proposal magang kerja nya ? di bidang teknik begitu.. Migas juga gak apa-apa, yang penting bisa dapet inspirasinya.

    Terima kasih banyak..

  102. aku butuh bgd proposal acara
    dikampus pengen ngadain acara latihan kepemimpinan dasar

    please bgd ya

  103. BolEh mInta,,, cOntoH pRoposal mengeNai PengAjuan DaNA,,,,
    Saya SekretariS paRtai yanG bLum ada pEngaLaman,,,
    tPi daH di sUruh bKin propOsal bUat pEngAjuan dAna untuk pEmbuatan Elemen Partai ke BUpati,,

    MKasih,,,

  104. saYa miNta pRposal menGenai Pengajuan Dana,,

    MAksih,

  105. Tolong dong contoh proposal mengenai acara atau kegiatan perizinan dan permohonan dana. terimakasih

  106. Selamat sore
    Tolong kirimin contoh surat magng dan proposal magang dong please………………!
    ditunggu ya???

  107. saya minta tolong contoh proposal magang kerja.ditunggu ya.terimakasih

  108. boleh minta tolong dikirimkan contoh proposal sponsorship untuk seminar perbankan? terima kasih sudah membagi ilmunya…..

  109. @ Lulu : ga ada di daftar kan? berarti ga ada sis

    @ Edy & Jairus Manurung : sent..!

    @ Fatia & Henri : biasanya proposal sama saja dengan proposal kegiatan, hanya beda surat pengantar

    @ Farhan : huuum nggak punya proposal seperti itu mas.. tapi saya kirim proposal kegiatan saja yaa, kurang lebih sama.. tergantung surat pengantarnya untuk kepentingan apa… okay

    @ Mitha : EMAIL ERROR.. salah alamat email tuuuh… udah saya kirim lho

    @ Devita : Sent…!

  110. juragan maw donk minta proposal magang nya T_T
    waaahhh ente bae banged maw sharing dsini ^^

    email gw

    raja_kof@yahoo.com

    tengku banged ne

  111. saya bisa minta contoh Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi, saya butuh banget dalam waktu dekat.
    terima kasih. email markaz.difda@gmail.com

  112. saya bisa minta contoh Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi, saya butuh banget dalam waktu dekat.
    terima kasih banyak atas bantuannya

  113. saya bisa minta contoh Proposal permohonan dana / sponsorship untuk kuliah?, saya butuh banget
    terima kasih

  114. assalamu alaikum wr.wb tgk…?
    kirimin saya proposal ansas UNPAD 2005 ya…..?tolooong yaa… ni alamat email saya..( faisal_nanggroeaceh.co.id ) please ya,,,,,,,,,,

  115. Trimakasih atas penjelasannya…Itu sangat membantu saya sekali..tetapi saya sangat membutuhkan proposal sponsorship..Thanks be 4

  116. minta proposal magang di pertamina ada gak bagian fire atau lindung lingkungan (AMDAL)
    kLO ada kirim ya!!!!!!!!!!!!!makasih

  117. saya mau liat contoh proposal pengajuan dana dan sponsorship kepada perusahaan, tolong kirim emailnya sekarang ya. makasih banget

  118. tLng kRimin contoh proposaL maGang d0nkz..tHx bgt y..

  119. toLong kRimin cNtoh pr0p0saL maGang d0nkz..tHx bgt yaWh..

  120. tolong ya sy minta contoh proposal yang no.7
    tentang Proposal Magang Kerja (fokus penelitian bidang Migas. Thanks before

  121. saya sanagat menbutuhkan proposal yg tertera dibawah ini:
    1. Proposal Kegiatan “Care & Share” ALSA UNPAD 2005

    2. 2. Proposal Kegiatan Moot Court Competition (MCC)

    3. 3. Proposal Kegiatan (perizinan) Int’l Legal English Certificate (ILEC) pre-test

    4. 4. Proposal Kegiatan Workshop bekerja sama dengan Law Firm

    5. 5. Proposal sponsorship Seminar Perbankan Syariah

    6. 6. Proposal permohonan dana / sponsorship pengiriman delegasi
    saya mohon secepatnya di kirimkan,,
    ke
    cintaciehclalu@yahoo.co.id
    terimakasih atas bantuannya…

  122. butuh bgt proposal bwt pengajuan magang..
    contohnya..
    sbnrnya gtau mo neliti apa..
    secara kan cm bwt kontrak mata kuliah..
    klo ntar laporan magang sih klo dah brjalan ja bru tau mo neliti apa

  123. TO Andre (sampai) Lisda :
    Sorry banget… ada yang sudah dikirim, ada yang belum.. requestnya banyak banget & saya lagi banyak tugas kuliah..
    *bingung*

  124. sy butuh banget Proposal Magang Kerja (fokus penelitian bidang Migas atw kimia) ..mohon bantuannya y..

  125. mohon di kirimkan proposal magang……untuk kuliah akhir smt 7 saya di bidang akuntansi. dan proposal magang berhubungan dengan bagian keuangan di migas….
    saya mohon balasannya segera. dan tolong kirimkan… ke email saya [rhizaku.mibu@yahoo.co.id]

  126. mohon saya dikirimkan proposal pengajuan dana partai untuk pembukaan kantor cabang baru partai kami…saya mohon dan berharap balasannya ke email saya…nunisofiati@yahoo.com
    trimakasih.

  127. [...] leave a response Kalau Mahasiswa Membuat Proposal [...]

  128. [...] leave a response Kalau Mahasiswa Membuat Proposal [...]

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

