Musik klasik bukan berarti kuno

Hari ni Q sama temen2 ngebahas jenis – jenis musik, yang memang rata – rata suka aliran pop, jazz malah di kampus nanti ada Rhapsody Jazz mengarayain Dies Natalis Unpad ke 50 acara yang spesial pastinya.

Q sendiri lebih milih n sukaaa banget ama lagu – lagu klasik, coz musik klasik itu bisa kita dengar kapan aja n sepanjang masa deh, buktinya lagu – lagu karya Mozart yang diciptain dari tahun 1700an masih abadi sampai sekarang. Musik klasik bukan berarti musik kuno. Kalo kata dosen Q yang waktu itu lagi membicarakan genre musik, kata beliau gini :

Musik klasik itu bagaikan militer, yang patuh pada aturan dan perintah dari konduktor, terpaku pada partitur.

Musik Jazz, tetap berpegang pada aturan dan partitur sebenarnya, tapi lebih banyak improvisasi dan ada semacam pemberontakan dalam bermusik itu sendiri.

Musik Pop, prinsipnya easy listening, semua suka, semua happy tapi cepat dilupakan oleh pendengarnya.

Musik Rock dan sejenisnya termasuk emmo / imo atau apalah namanya, itu benar – benar pemberontakan, yang hanya mengikuti kata hatinya.

Karya – karya komposer klasik yang Q suka sebenernya banyak, ya tergantung dari situasi hati lah. Buat Q setiap komposer punya pencitraan sendiri sama lagu yang diciptakannya, setiap lagu klasik punya cerita masing – masing yang tiap orang bebas mengartikannya sendiri.

Karya – karya Schubert lebih terkesan misterius, kesedihan, ini berhubungan dengan hidupnya yang dilanda berbagai macam kesulitan hidup. Buat Q cocok didengar waktu kita lagi sedih, bimbang, dan kalau lagi ingin rileks.

Karya – Karya Mozart…hhhmmm bisa digambarin dengan warna pink, kayak bayangannya Noda Megumi ho ho ho… Piano Sonata in C mayor dan Piano Sonata in A Mayor lagu yang abadi banget. dan Piano Sonata for 2, K 448 satu2 nya karya Mozart untuk dimainkan 2 pianis sepanjang hidupnya.

Strauss musiknya selalu riang, ramai dan ceria. lumayan buat membangkitkan semangat. Seperti Radetsky March , Hunting Fals Polka yang sering kali jadi backsound untuk film2.

Pachelbel yang paling terkenal karyanya yaitu Canon in D Major juga seriiing banget jadi backsound.

Elgar yang menciptakan Salut D Amour perpaduan antara Piano dan Biola lagu pengantar tidur.

J S Bach, siapapun tahu karya – karyanya yang ceria dan buat Q sebenernya agak susah buat dimainkan. Kumpulan karya berjudul “Invention” dengan variasinya rata – rata bertempo Alegro / Alegretto. Capprisio Cantabile.

Beethoven naah ini yang ajaib lagi. Dia seorang komposer besar berasal dari Austria. dalam keterbatasannya yang tuli, tapi dia tetap bisa menciptakan karya yang beragam. Ada “Pathetique” yang mengalun sedih dan bertempo lambat, “Spring” duet biola dan piano, dan pastinya “Symphony” dengan berbagai variasi yang sering ditampilkan dalam pertunjukan orkestra.

Frederic Chopin , karya – karyanya dikenal memiliki tingkat kesulitan tinggi dengan variasi not dan tempo cepat. Seperti ” Etude ” , Waltz , Mazurka , dan yang paling kusuka karyanya yang berjudul ” Grand Valse Brillante ”

dan masih buaaaanyak lagi komposer – komposer dunia yang punya karya – karya agung yang abadi sampai sekarang. itulah mengapa musik klasik tetap dapat didengarkan meskipun sudah berabad – abad lamanya.

(^_^) love Classic

15 Tanggapan

  1. maaf neh, jujur loo
    untuk saat ini saya lagi senang2 nya lagu team loo …

  2. Tapi Klasik Bukan Berati Kuno, dan Kuno Belum Tentu Klasik (binggung deh..)

  3. Boleh – boleh…musiK apapun tetap musiK 😀

  4. hmmMm apa yah……
    kLo nDenGerinYa saMa orAng KuNo yAa jAdi kUno…
    tapi Klu ndNgerinYa mA oRang mOdern yAa jAdi moDern mBaa…

    masalah selera juga siy.. 😈
    kalo emang dasarnya gak suka?? mau didengerin bareng orang kuno atau modern tetep nggak ada pengaruhnya

  5. tergantung orangnya,kalo orang yang Elegan ya seneng klasik,tapi kalo kampugan kangen band mau,raja mau,MCR mau…..

  6. tergantung orangnya,kalo orang yang Elegan ya seneng klasik,tapi kalo kampugan kangen band mau,raja mau,MCR mau…..

  7. saya mw tanya buku musik mengenai sonata yang paling lengkap ada ga yah?klo ada apa?mksih

  8. @ willy: ada, biasanya tempat kursus saya pakai “Sonata Album” dari Schmittzer Library (kalau nggak salah tulisannya)🙄
    bukunya warna kuning

  9. Musik klasik berbagai bangsa emang enak buat didengarkan, apalagi kalau udah dimodifikasi. Yang kusuka musik klasik dari eropa dan musik klasik Jepang, asal nggak yang dark banget. Kalo alat musik klasik yang kusuka piano, biola, bagpipe dari Irlandia, koto, samisen, dan masih banyak lagi🙂 Sayangnya semuanya nggak bisa kumainkan T_T

  10. thx ya atas info nya berguna banget buat aku….
    hehehehe…..

  11. Wiiihhh.. seneng nemu sesama penyuka musik klasik, wehehe..
    salam kenal yah semuanya..
    klo da info tentang konser atau resital gtu, terutama yg di Bandung, tolong kabar-kabari yah..
    Pokokna mah Luph Classical bangedh dah.. (^_0)

  12. ya nie da knzer msik ndk jkrja bkan ndk bndung. mu leat o9 ?mkazihhhhhhhh ^(0_0)^

  13. asik kayaknya kalo main piano mendingan pakai software synthesia deh, aku gak usah pakai les main keyboard classic, lagunya gak usah pake buku buku toge, keren silahkan dicoba . lagunya banyak pula di forshared. ibarat kalo semua lagu dipelajari gak akan habis sampai akhir hayat

  14. wee… aku klasik suka, dangdut suka, pop suka, mau lihat aku main piano..? lihat di blogku ya..!! (solusibisnismu.wordpress.com) judul lagunya love of my life queen ada juga happy birth day to you dengan berbagai variasi…klo jelek jangan diketawain ya.!!. sebab aku gak dengar kalo agan-agan pada tertawa. ha. ha…

  15. Kalo saya hobbinya dengerim alunan biola karya vivaldi terutama yang ”the four season” itutuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: