The Ending of BOURNE’s JouRneY

Bourne Identity Bourne Supremacy Bourne Ultimatum

Hoho… film terakhir yang Q tunggu – tunggu sekitar setahun lalu akhirnya udah Q tonton. yups Q emang suka banget ama Matt Damon (yang sekarang udah nikah n punya anak..hiks), yang muncul lagi dalam Bourne Ultimatum.

Film ini memang lanjutan dari 2 film sebelumnya The Bourne Identity dan The Bourne Supremacy, yang mengisahkan “Life Journey” dari agen CIA yang gagal melakukan misi untuk membunuh Kwame Wambosi di film pertama dan sebaliknya Jason Bourne terkena tembakan dipunggungnya yang menyebabkan dia hilang ingatan. Jason Bourne saat itu ditemukan oleh kapal nelayan dan ia tinggal diatas kapal itu selama 2 minggu, dia sama sekali tidak ingat masa lalunya. Setelah merapat, Jason Bourne pergi ke Zurich untuk melihat save deposit box miliknya di zurich bank. Jason menemukan 6 paspor dengan nama yang berbeda dan banyak uang. ia lalu pergi ke Kedubes AS, dan ternyata dia telah masuk dalam daftar pencarian orang. disana lah ia bertemu dengan Marie Helena Kreutz yang akhirnya menjadi kekasih Bourne.

Di film ke dua Bourne Supremacy, Jason kembali menjadi incaran CIA atas peristiwa pembunuhan yang terjadi di Jerman. Namun sebenarnya ketika itu terjadi ia bersama Marie sedang berada di India. Meskipun telah bersembunyi jauh hingga di India, Jason masih menjadi target CIA lainnya yang mengirim pembunuh bayaran bernama Kiril (Karl Urban – yang main di Lord of The Rings). Dalam pelariannya dari incaran Kiril dengan menggunakan mobil, Jason yang semula memegang kemudi lalu bertukar dengan Marie dan Kiril sang snipper menembak tepat dikepala pengemudi yang ia kira Bourne. Inti dari cerita film kedua ini adalah tentang upaya Bourne untuk membuktikan bukan dia pelaku pembunuhan yang terjadi di Jerman pada 2 minggu yang lalu itu. Bourne datang ke Berlin dan ia sedikit banyak mengingat masa lalunya. Ia ingat pernah membunuh politikus Rusia – Vladimir Nesky – dan istrinya, dan membuat peristiwa itu seperti bunuh diri. Di Akhir cerita Bourne datang k Rusia untuk menemui putri dari Nesky untuk meminta maaf. dan kembali ke New York untuk menghubungi Pamela Landy yang semula menuduh Bourne.

Akhir cerita pada film kedua inilah yang kemudian berlanjut ke film yang terakhir. Ternyata setelah Bourne menemui putri dari Nesky, ia masih diburu oleh polisi Rusia. 6 minggu kemudian Bourne membaca sebuah artikel di The Guardian yang mengisahkan tentang perjalanannya selama ini, Bourne datang ke London untuk menemui Ross jurnalis yang menulis artikel tersebut, ia tahu bahwa pada akhirnya jurnalis itu akan menjadi sasaran, Bourne sendiri memutuskan menemui Ross untuk mengumpulkan informasi tentang dirinya. Namun Ross yang panik, akhirnya ditembak di tempat ramai di stasiun London. Bourne kemudian bertemu dengan Nicky dan mereka berdua lari ke Maroko untuk mencari Neal Daniel, namun Daniel telah lebih dulu dibunuh oleh agen lainnya -Dash. Nicky dan Bourne lah yang menjadi sasaran Dash selanjutnya, dalam duel antara Bourne dan Dash, akhirnya Dash meninggal. Nicky diperintah Bourne untuk mengirimkan sandi yang menunjukkan bahwa dirinya dan Bourne telah mati. Mereka telah dikira mati oleh CIA selama 1 minggu, dan selama itu pula lah ia merencanakan untuk membongkar proyek ilegal Blackbriar yang telah banyak menewaskan warga AS itu sendiri. Bourne akhirnya kembali ke New York dan bertemu dengan Pamela Landy, ia berhasil membuka brankas dan mengambil dokumen rahasia tentang Blackbriar lalu menyerahkannya kepada Landy. Landy dan Bourne bertemu disebuah tempat rahasia tempat dia dulu dilatih untuk menjadi agen pembunuh, Landy mengatakan bahwa Bourne memiliki nama asli David Webb yang lahir 4-15-71. ternyata itu bukanlah tanggal kelahirannya tapi tempat ia dilatih dulu. Dokumen rahasia Blackbriar tersebut telah sukses dikirim melalui fax, dan itulah akhirnya proyek ilegal CIA Blackbriar terbongkar.

Film ketiga ini begitu dinamis dan alur cerita yang cepat. Bourne dengan cepat berpindah – pindah dari satu negara ke negara lain. Bourne Ultimatum tergolong film action tapi buebeda dari film action lainnya. Tidak banyak adegan tembak2an, dan aksi super hero seperti film mission imposible, die hard, James Bond (maaf ya untuk penggemar film ini). Jason Bourne mengandalkan beda apapun untuk membela diri, bahkan ketika ia mempunyai kesempatan untuk menembak agen CIA yang memburunya pun tak dia lakukan. di film ini juga tidak banyak adegan – adegan yang bertele – tele, pononton disuguhi aksi cerdas Jason Bourne seperti ketika dirinya dan Nicky tengah diintai disebuah apartemen di Madrid, dan sebelum para agen kiriman CIA itu masuk, Bourne menelepon polisi Spanyol dan berbicara menggunakan bahasa Spanyol lalu menembakkan pistolnya 3x ke dinding seolah – olah terjadi penembakan atau pembunuhan, untuk memancing polisi datang. Tak lama polisi datang dan mengacaukan pengintaian yang sedang dilakukan para agen tadi, disaat yang sama Bourne dan Nicky keluar lewat pintu depan dengan leluasa.

Ada juga aksi cerdas Bourne lainnya yang menghubungi salah satu Bos CIA yang sedang memburunya. Ia merekam pembicaraan tersebut untuk dapat membuka brankas yang juga menggunakan kode suara, yang tanpa disadari bahwa saat itu Bourne berada di dalam kantornya. Setelah berhasil mendapatkan semua dokumen rahasia itu, Bourne keluar dengan santai dan sempat mengunci pintu kaca yang didalamnya terdapat semua agen lainnya yang bertugas melakukan pencarian dirinya.

Film ini kereeen Banget dehh, tapi Q saranin sebelum nonton Bourne Ultimatum harus nonton dua seri film sebelumnya The Bourne Identity dan The Bourne Supremacy. Akhir film ini juga lumayan lah walau agak menggantung. 2 orang Bos CIA termasuk yang melatihnya menjadi agen pembunuh ditangkap, Bourne dikira mati tertembak dan jatuh kesungai dari lantai 10, tapi mayatnya belum ditemukan setelah dicari selama 3 hari. Padahal sebenarnya Bourne tidak mati.

Matt Damon yang telah tercatat namanya di Walk of Fame -LA- mengatakan baginya Bourne Ultimatum adalah film perjalanan Bourne yang terakhir ia perankan, ia tidak mau ada lanjutan untuk kisah Bourne selanjutnya.

16 Tanggapan

  1. lengkap banget ulasannya
    kayaknya gue ga usah nonton lagi filmnya
    just kidding
    nice blog…

  2. wah betul bgt tuh, nih film emang bikin adrenalin naik turun, bener2 JEMPOLAN nih sutradara bwt ni pilem. pa lg si matt keren bgt penguasaan peranx cool bgtz.

    emang bener banget… nonton film ini selalu excited!! smart banget yaah bikin sambungan filmnya dari seri 1-2-3 😉 film action yang beda!! nggak perlu banyak bom bardir sana sini..tapi lebih ke martial art

  3. Cuma satu kalimat bwt The Bourne. “Bagi saya, The Bourne adalah Film terbaik sepanjang masa”. Semoga semua novel-novelnya bakal di-film-kan.. Amien…

  4. @ Adprast : gak sepanjang masa juga kalee..😆 tapi emang Bourne keyeeen bgt.. dvdnya saya puter berulang2 dan gak bikin bosen.. smart bgt ada agen kyk bourne. oh ya sebentar lagi ada seri ke-4 nya.. tunggu aja

  5. @ binchoutan: baca lagi dong statementnya (ulangi bila perlu) :“Bagi saya, The Bourne adalah Film terbaik sepanjang masa”…
    udah dibaca baik-baik belum?? ada tulisannya “BAGI SAYA”, Jadi ya terserah saya dong… lha faktanya emang gitu…

  6. @ Adprast : aduuh sopan sekali… marah2 di blog orang… boleh dong komennya saya edit, habis ngerusak pemandangan… dan bikin yang mpunya blog sakit hati… 😈

  7. @ binchoutan : Hehehehe… iya maaph… maklum lagi emosi. Maaphin yak…?? peace !!! iyah ngga pa pa kok kalo komennya diedit.

    Salam Jazz,🙂

  8. wah kudu nonton nih.. nice..

  9. emang film bourne keren bgt bener2 menggambarkan bekas agen rahasia, gunain segala alat buat bela diri, ga berlebihan, tiap rencana yg dia buat selalu tepat….. pokoknya ok bgt ni film, sayang ga ada kelanjutannya

  10. uuuwh mKc!h INfo ENya?
    lenGKap
    kuw CUka B9t MA matt DAMON

  11. KU suKA inFOnya LGkap
    KUW Ud NONTON cmua
    N ku CUKA Bgt MA matt DAMON

  12. the best film

  13. Ketika james bond melawan musuh menggunakan gadget canggih,bourne cukup pake pulpen,majalah,ama handuk…

  14. ada lanjutan film the bourne ultimatum ga?

  15. ada, Bourne Legacy, sudah tahun kemarin tayang. hanya saja tidak lagi ada Matt Damon

  16. Ya bourne legacy nya kurang seru ratingnya rendah, pngaruh bngt matt damon dganti ckck alur crtanya jd ga braturan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: