Taman Hutan Raya Dago…

Sudah 2 tahun di Bandung…tapi masih gitu-gitu aja kegiatannya. Monoton. Kuliah, sibuk ikut macem – macem kepanitiaan dan akhirnya Off juga, Les Les Les yang harus dilatih juga dirumah n ngerjain tugas Les (kyaaa). Ikut UKM olahraga Unit Tenis & Unit Renang, biar bisa murah pake lapangan n Renang gratis tiap minggu. Dua tahun ini sejak pindah ke Bandung, setiap hari cuma berkutat di dalam kota. Mau jalan – jalan tempatnya juga itu – itu saja antara Ciwalk, Paris Van Java, Istana Plasa, BSM, oh iya tempat penting mahasiswa Bandung : “Palasari”.

Bosen??? iya lah lumayan bosen… makanya Minggu pagi beberapa waktu yang lalu (sudah lumayan lamaaa juga siy) Q iseng – iseng cari tempat pariwisata yang lain di Bandung. Maklum pendatang ga tahu apa – apa. Dari hasil browsing ternyata di bandung itu ada juga wisata alam yang lumayan dekat dan bisa dicapai dengan angkutan umum dan kebetulan di situs itu juga dijelaskan angkutan umumnya.

Yap pilihan Q jatuh kepada :

TAMAN HUTAN RAYA IR. H. DJUANDA (DAGO)

Tanpa bawa bekel dan perlengkapan apapun, Berangkat… q cuma bawa digiCam, dompet, tissue, HP. Pake jaket, celana training, sepatu keds (yang biasa Q pake kuliah). Pagi ini lumayan dingin jadi Q cuma cuci muka aja heee… OKay berangkat!!!

Masih di lingkungan Kompleks Dosen ITB, ternyata Dosen2 disini rumahnya asri dan banyak bunga2 dipagar rumahnya. Karena masih pagi jadi masih banyak embun, Q ambil beberapa foto, pastinya seizin pemiliknya, sekalian silaturahmi sama tetangga..

.

Soka bunga di pinggir jalan Bougenvile

Lebah madu Berembun Berembun

Berembun

Perjalanan lanjut… jalan sampai simpang dago, naik angkot Kalapa-Dago sampai terminal Dago atau bisa juga naik angkot Ciburial Dago. Jangan turun di Terminal Dago kalau angkotnya masih bisa terus. Dari sini memang jalan Ir. Djuanda jadi lebih sempit. Lalu turun di depan pertigaan jalan masuk ke Tahura Dago, ikuti petunjuk jalan khusus pejalan Kaki… agak menanjak dan melelahkan memang. Waah untunglah orang indonesia itu ramah, jadi dimana pun Q berjalan sendiri dan tidak tahu pastinya dimana pintu masuk Tahura, banyak orang yang bersedia menunjukkannya. Pagi ini memang dingin sekali, Jam menunjukkan masih pukul 6.50 pagi ketika saya sampai di gerbang masuk Tahura untuk pejalan kaki. Tiket masuknya hanya Rp.3000,- . Segaaarnyaa udara disana..bernafaspun masih mengeluarkan embun (???).

Pemandangan disini memang indah…jauh dari hiruk pikuk kota Bandung yang selalu macet di akhir pekan. Disini, Qta serasa berada ditengah hutan, hanya saja ini hutan yang sudah bangun jalan konblok untuk pejalan kaki dan yang bersepeda. dan ada Goa Jepang dan Goa Belanda. Q cuma masuk Goa Belanda ditemani tukang sewa senter. Sebenarnya Qta bisa sedikit berkeliling di Goa ini.. bisa belok kanan bisa belok kiri. Tukang Senter itu cerita kalau dulu ini markas Belanda dan Taraaaaa apa yang dia bilang sambil menyorotkan senternya kesebuah lubang kecil, “Kalau dulu ini penjaranya.”

Truuus apa lagi yang dia bilang : “Disini mah udah rame pisan, sering dipake shooting Neng”. Horor banget suasana di dalam sana sampai Q cuma melihat kebawah memperhatikan langkahku… sambil bertanya : “Emangnya dipake shooting apa Mang? Dendam Nyi Pelet?” itu looh film2 kolosal sejenis film2 silat ๐Ÿ˜› lalu dia menjawab dengan santai, “Bukan Neng, itu yang di Trans Tipi (TV maksudnya๐Ÿ˜€ ) DUNIA LAIN”… HuuuuwWwaaaaaa…itu sih HOROR banget atuh Mang!!!! Q cuma bisa mempercepat langkah ingin mencapai ujung Goa Belanda yang Horor n suka dipake “Shooting” itu.. ๐Ÿ˜› sampai diujung Goa, Q terpaksa mengeluarkan lagi Rp. 2500

Jadilah akhirnya Q malah hunting foto-foto bunga disini dan beberapa pemandangan lainnya yang masih Hijaaauu. Terdengar juga suara kicauan burung. Gyaaa.. ini ni hasil jepretan sendiri pake Canon Digital Camera PS A530 .. buat amatir lumayan lah..

flower-7.jpg flower-10.jpg flower-11.jpg

flower-13.jpg flower-14.jpg flower-15.jpg

flower-16.jpg flower-19.jpg

Asal jepret sana sini… Jalan – jalan sendirian di Tahura Dago, awalnya sempat ragu juga karena belum kenal medan sama sekali. dan juga tidak tahu dimana jalan setapak ini akan berujung?? tapi ya sudah lah dinikmati saja perjalanan ini. Kalau ini beberapa foto pemandangan dan long road to Maribaya… ๐Ÿ˜›

alam-bebas-dago-1.jpg alam-bebas-dago-2.jpg alam-bebas-dago-3.jpg

Capeeekk sekarang sudah jam 10.15, itu artinya sudah 3jam lebih saya berjalan mengikuti konblok ini. Sesekali bertemu pejalan kaki lainnya sekeluarga. Sedangkan saya sendirian. Hu huuuu huu,. ada tempat untuk istirahat, ya istirahat dulu sambil isi tenaga, minum teh manis. lumayan juga Hunting Foto kali ini.. tapi kok.. foto Q ga ada yaa?? he he he… minta tolong sama ibu-ibu yang jualan aahh..Narsis dikit gitu… masa bunga semua.

istirahat-dulu.jpg he he.. inilah aQ.. ntah lah sekarang ini ada dimana.. ditengah hutan sendirian lagi… dingiiiinn padahal sekarang sudah jam 10 lewat , OKay habis ini Lanjut.. kata ibu tukan jualan disana kalau terus keatas nanti sampainya di Maribaya, Lembang.. Upppss “Lembang” ?? udah jauh banget… tapi kalo mau turun pun juga tanggung jauh lagi.. yaaa sudahlah lanjut keatas, Qta ke Lembang. Kalau nyasar? tanya polisi, minta anterin sekalian ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜€

Gyaaa… Sudah sampai sudah sampai.. inilah Maribaya, ada gerbang tiket lagi, artinya Qta harus bayar lagi.. Rp.3250

alam-bebas-dago-4.jpg alam-bebas-dago-5.jpg

Jadi inilah akhir dan ujung dari jalan panjang Taman Hutan Raya Dago. Pulang nya ternyata harus naik angkot sampai pasar lembang. Dari situ Q bisa naik angkot yang membawa Q kembali ke Bandung. ST.Hal-Lembang .

Sewaktu angkot yang membawa Q itu berhenti di terminal Ledeng… serasa mendarat kembali di BuMi!!! aku Pulang… dan ga Kesasar… syukurlah…

Pengalaman ini Q ceritakan ke teman – teman. dan hasilnya mereka juga minta diantar ke Tahura Dago. Saran Q jangan kesana waktu musim hujan, karena jalan konblok tadi bukan hanya tergenang air, tapi LumPur dan jadi licin, seperti waktu Q jalan sama Uti teman Q..Kyaaa sepatu dan celana Qta kotor!๐Ÿ˜›

Foto – foto tadi dan beberapa lagi lainnya bisa dilihat di Flickr Q…

Klik aja http://www.flickr.com/photos/apriliagayatri/

Salam,

Binchoutan a.k.a Aprilia Gayatri

17 Tanggapan

  1. gue belon pernah ke tahura… hiks..hiks…
    padahal sering ke bandung…

  2. sekali – kali mampir deh kesana, enak kalo pagi – pagi…
    bawa bekel.. siapa tau laper tangah jalan sebelum sampe ke tempat istirahat.. he he he…

  3. Aku juga punya foto bunga disini, hasil jeprat-jepret iseng๐Ÿ™‚

    http://syamsyah.wordpress.com/2007/10/24/bunga-merah-muda/

  4. kyaaa… emang bunga itu objek yang bagus buat difoto… cuma sayangnya saya gak suka sama kupu – kupu… mengerikan..
    ho ho ho…

  5. ..wah bagus bgt!!!
    dari solo naek apa sampai bandung kira2?

    Btw salam kenal..aq jg mo “pamer” petualangan, mampir ya?

    http://sibermedik.wordpress.com/2007/10/16/ngapain-aja-abis-lebaran-om/

    hhmm naik kereta aja Mas, dari Stasiun Balapan ya toh? nah sampai di Bandung dari Statiun Hall naik angkot kelapa dago sekali, trus udah deeh..turun di jalan masuk ke Tahura… (he he..maklum kemana2 masih naik angkot..jadi taunya yaa jalur angkot)
    Okay saya ngintip Blog nya Mas..

  6. hehehe… emang foto kupu2 di blogku lain dari biasanya… tapi biasanya kan ada bunga pasti ada kupu2… jad iklop lah๐Ÿ™‚

    heeehehehe saya juga gak tahu kenapa tapi geli kalo ngeliat kupu2.. (*??*)

  7. Fotonya bagus-bagus…jadi pengen ke sana…

  8. li,Jualannya laku nggak..bwahahahah..(mode kidding = ON)

    Mau beli apa kang? ada nasi uduk, teh manis, bandrek, kopi apa bajigur?๐Ÿ˜€ hohohohoho…

  9. Alllooooooooooooowwww, biar rame neh ….

    hore, ….

    kyaaaa makasih niyy ikut meramaikan =))

  10. Jadi maunya kegiatan yang kaya apa Non ….????๐Ÿ™‚

    hhhmm pinginnya siy jalan-jalan santai dan murah… punya ide lain? :-))

  11. thx ya gambrny..he..he sbnrny gw dah prnah k maribaya wktu kls 2 sma and yaaaa asyik dah ha..ha..ha

    sama – sama… itu cuma hasil asal jepret koq..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜›

  12. Artikel yang menarik tentang taman Hutan yang ada di bandung,mudah-mudahan pemerintah daerah bandung dapat menjaga dan melestarikan hutan raya ini,sayang pemda DKI tidak bijak sehingga banyak hutan kota hanya sebagai tempat cadangan tanah…..btw Q good blog …tetap eksis yah….boleh juga tuh nulis soal hukum di blog biar tambah seru….

    whooaaa masa siy menarik?? he he itu cuma cerita pengalaman Q aja yang serasa berpetualang sendirian di tengah hutan..padahal hutan wisata, jadi gak bakal nyasar. ๐Ÿ˜† memang perlu sekali ada tempat wisata alam yang dekat dari kota seperti ini, pas bgt buat melarikan diri dari kejenuhan di kota.. ๐Ÿ˜›
    Kalau menulis tentang maslaah hukum saya belum ahlinya, huuuumm masih takut salah gitu deeh
    btw.. i will try, mungkin copy-paste dari file2 tugas kampus aja kali yaa.. :mrgreen:

  13. bagus banget fotonya, mau tukeran foto? saya kebetulan suka hiking di hutan kalimantan timur dan juga punya beberapa koleksi foto.

    masa siiy bagus??? cuma asal jepret kok.. huuuhhmm memang pagi2 itu waktu yang paling bagus buat ngambil foto di outdoor
    boleh2 kalo mau tukeran..silahkan.. nanti saya berkunjung juga deh..

  14. Lam kenal mbak
    Duh..senang berpetualang juga ya ?
    Saya jadi ingat dulu waktu ikut kelompok pecinta alam๐Ÿ™‚

  15. salam kenal buat aprilia
    kalo kamu baca komenku aku pingin kamu bls
    trrimakasih

  16. bulan maret w dkk mw ke bandung,,..
    mw tanya,.air trjun maribaya bisa wat berenang gitu gag???
    ap ad tempat wat duduk2 gtu juga..

  17. Weeeeeeeehhhhhhhhhhh………………….
    obyek wisata di bndung bgsssssss bgt,,,,,
    mw donk…. wisata ke sNa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: