Magang Kerja Yuk Selagi Mahasiswa (part 1)

Ternyata sudah lama juga saya tidak ngeblog, terakhir tulisan tentang “Donor Organ dan Aturan Hukumnya tercatat diposting bulan Oktober 2008. Maklum walaupun jadwal kuliah saya tidak lagi sepadat dulu, tapi ada banyak hal yang menyita pikiran. Bahkan ide untuk membuat tulisan pun entah kemana pergi meninggalkan diriku… hohoho  :lol:  Naah jadi mumpung lagi ada ide dan waktu untuk sedikit coret – coret, saya ingin berbagi pengalaman dan tips masih seputar dinamika kehidupan seorang mahasiswa *halah*:mrgreen:

Belajar dan mendalami suatu teori yang berkaitan dengan studi kita itu suatu keharusan, begitu pun dengan mempertahankan Indeks Prestasi agar dapat lulus dengan nilai yang baik. Namun apakah  nilai yang tinggi menjamin seseorang untuk dapat bekerja dengan baik pula nantinya?  Tentu saja tidak, bagaimana prakteknya nanti ketika bekerja itulah yang terpenting.

Bagi mahasiswa tingkat akhir, seringkali makin banyak waktu luang disamping harus mengerjakan tugas akhirnya sebelum kelulusan. Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk mencari pengalaman di luar kegiatan akademis yang berguna bagi karier kita nantinya. Salah satunya dengan magang kerja disuatu perusahaan atau instansi. Karena dunia kerja adalah dunia yang akan kita masuki setelah lulus nanti.

interns-1

Lalu bagaimana caranya mengajukan lamaran magang? Apa saja yang persyaratan perlu dipersiapkan? Apa yang harus dilakukan ketika magang? Bagaimana laporan magang? Itulah yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini, menurut pengalaman pribadi saya:mrgreen:

Lamaran Magang

Ada kampus yang memang mensyaratkan magang kerja atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) kepada mahasiswanya, ada juga yang tidak. Beruntung bagi yang diwajibkan oleh kampus, karena pihak kampus tentunya sudah punya formulir dll untuk kelengkapan surat yang diperlukan. Tapi bagi yang tidak, jangan khawatir karena kita bisa ajukan atas inisiatif sendiri.

Biasanya untuk mengajukan lamaran magang kita perlu mempersiapkan dokumen – dokumen seperti : Surat Lamaran Magang, Curriculum Vitae (CV), Transkrip Nilai resmi, Surat Keterangan hingga Surat Rekomendasi dari pihak Dekanat kampus. Namun dibeberapa perusahaan dan instansi seringkali diminta untuk menyerahkan Proposal Magang.

Sebenarnya tidak ada sistematika baku untuk proposal magang ini, isinya disesuaikan dengan kebutuhan pelamar magang. Secara garis besar proposal magang berisi latar belakang atau pendahuluan tentang kegiatan magang, alasan pelamar mengajukan magang : apakah persyaratan kuliah atau inisiatif sendiri; bidang apa yang akan diteliti, mengapa tertarik terhadap bidang tersebut; tujuan magang kerja; metode magang yang akan dijalani untuk memberikan gambaran kepada perusahaan/instansi yang dituju. Sebutkan juga identitas pelamar magang : apakah sendiri atau berkelompok. Dalam proposal magang yang pernah saya buat, selain menyebutkan hal – hal diatas juga  melampirkan CV berikut foto diri.

Berkas lamaran tersebut sebaiknya kita sampaikan langsung ke perusahaan/instansi yang dituju, penting untuk menanyakan nomor kontak yang dapat dihubungi. Kalau dikirimkan lewat pos atau kurir, akan sulit untuk follow up karena tidak tahu siapa yang menerima dan bagaimana prosesnya. Akan lebih baik lagi jika punya relasi dengan karyawan disana, maanfaatkan kenalan alumni dsb.

Setelah itu tinggal menunggu panggilan kapan bisa mulai magang, lamanya tergantung kapan perusahaan/instansi tersebut membuka program magang. Saya sarankan untuk memasukkan lamaran magang jauh hari sebelumnya. Dari pengalaman, saya memasukkan lamaran magang sejak bulan April dan baru mulai akhir Juli – Agustus. Karena pelamar magang tentu jumlahnya sangat banyak, tidak ada salahnya rajin follow up agar bisa segera memulai program magang dan didahulukan, gara – gara bagian HRD bosen diteleponin terus..hehe.

Bersambung… “Magang Kerja Yuk Selagi Mahasiswa (part 2)” tentang apa saja yang dikerjakan selama magang? dan laporan akhir magang:mrgreen:

36 Tanggapan

  1. info yang bermanfaat sekali bagi kami yang sedang mencari magang kerja sebagai persyaratan kelulusan

    ditunggu mba seri keduanya…. he he he

  2. Gimana klo magang bisnis sendiri aja khan asik bisa buka lapangan kerja…

  3. seru tuh magangnya? kerja kantoran gitu ya?
    kalo gw magang di bidang broadcast, periklanan kayaknya gak bakal duduk manis di kantor tuh…. langsung turun lapangan dan gak perlu pakaian formal kayak lo….. hehehe……
    tapi ok juga tempat magangnya, dimana kalau boleh tahu?

  4. i’m waiting for Part 2…
    please posting it hurry…!!! really interesting he he

  5. ia mbak latar belakang magang itu apa?

  6. tujuan magang kerja itu apa mba?

  7. baguslah magang kerja karena sudah mengetahui medan kerja kita nanti seperti apa, kalo di tempat saya yang sering magang mahasiswa trisakti

  8. mba
    maaf telat mngirimkan coment, harusnya saya ngirim coment bukan di artikel ini namun di arikel “kalau mahasiswa embuat prpoposal kerja”
    saya mau minta tolong dong dong, saya mau contoh prposal magang kerja
    PLEASE banget
    cz urgent
    Thanks

  9. KEPRIBEN KINE

  10. kamu magang dija, april?

  11. mbak, minta contoh proposal magang-nya dong

  12. punya contohnya ngga? kalau ada minta dong contoh proposal magangnya, thx ya

  13. Cariin Saya tempat magang donk mbak..coz saya dah apply 3 perusahaan magang tp gak di panggil – panggil…huh.

  14. ba’ saya mau tanya untuk penulisan proposal diketik atau gak,
    trus dijilid gak,

    bisa jelasin gak maksud dari metode magang


  15. Maaf sekali baru sempat saya balas sekarang. maklum lagi skripsi, jadi tidak sempat mengurus blog

    @ Sherly : Latar belakang, isinya bisa seputar penelitian yang akan kita lakukan, dan juga alasan mengapa kita harus menjalankan program magang. misalnya karena persyaratan kelulusan dari kampus dll. Untuk tujuan magang, isinya apa yg hendak dicapai dari program magang.

    @ a! : magang di salah satu BHMN bidang migas Mas Anton

    @ Fanji : waduh maaf saya gag bisa bantu. gag punya link.. coba saja apply lagi

    @ Imam Teguh Wibowo : yup proposal sudah pasti harus diketik donk agar rapih.. dan sebaiknya dijilid.
    metode magang misalnya : magang dilakukan sesuai dengan jam kerja tempat magang, peserta magang diikutsertakan dalam kegiatan perusahaan tempat magang sebatas yang diperbolehkan, peserta magang mendapatkan seorang pembimbing

  16. yoa
    kalo mw magang hrus prepare dokumennya
    prOPosal, surat pengantar dari jurusan ato lembaga pendidikan kita harus terlampir…

  17. @ Surya Palembang : CV yg paling penting agar perusahaan dimana kita melamar mendapat gambaran tentang calon peserta magang dan jelas kemana dapat dihubungi. Surat pengantar dari kampus yang sebaiknya disertakan juga adalah Surat Rekomendasi, bisa dari dosen maupun dapi pihak dekanat.

    Good Luck ALL…. :mrgreen:

  18. aku kuliah dibagian komunikasi dibidang periklanan..
    semester 9 kira-kira ada engga magang yang cocok dengan perkuliahan yang aku ambil…

    thx before…

  19. Assalamualaikum wr.wb
    Saya mau bertanya kalau proposal magang bentuknya sama tidak dengan makalah atau sejenisnya, terus nama perusahaan atau balai yang akan kita tuju, dicantumkan tidak?
    terima kasih atas jawabannya, salam.

  20. maaf lupa, ada yang kelewat maksudnya cover depan dari proposal tersebut, terima kasih sebelumnya.^_^

  21. @ Ahyar: seperti yg tadi saya sebutkan diatas, bagian2 dari proposal magang sebaiknya berisi “latar belakang atau pendahuluan tentang kegiatan magang, alasan pelamar mengajukan magang : apakah persyaratan kuliah atau inisiatif sendiri; bidang apa yang akan diteliti, mengapa tertarik terhadap bidang tersebut; tujuan magang kerja; metode magang yang akan dijalani untuk memberikan gambaran kepada perusahaan/instansi yang dituju. Sebutkan juga identitas pelamar magang : apakah sendiri atau berkelompok. Dalam proposal magang yang pernah saya buat, selain menyebutkan hal – hal diatas juga melampirkan CV berikut foto diri”

    untuk cover depannya, cukup sederhana saja, sebutkan judul proposal (proposal magang), nama pelamar dan asal universitas.
    nama perusahaan /instansi yg dituju tidak perlu disebut di cover, sebutkan saja di dalam proposalnya.

    rgds

  22. mbak tolong donk kasih aku contoh buat proposal ? bingung mau magang dimana? aku jurusan akuntansi keuangan

  23. hmmm,,klo magang dpt honor ga ya,,hehehe

  24. mau tanya, selama magang posisi kita disitu biasanya apa? (belajar atau gimana . . . . ?) cos baru mau magang nich. . . ,

    please answer my question through this article or email me. . , Thank you earlier. ,

  25. mbak,saya boleh minta contoh proposal magang kerja gak?
    saya mau ngelamar magang tapi kesulitan dalam penulisan proposal,jadi saya lagi nyari referensi2nya

    bisa kirim ke ferga_dipa@yahoo.com? hehe

    terima kasih sekali atas bantuannya

  26. mba saya bingung bikin proposal magangnya..
    bisa tolong dikrim contohnya ke email saya g??
    moca_iaiapny@yahoo.com..
    makasih sblmnya..

  27. Mbak mau tanya, untuk surat Rekomendasi dari pihak Dekanat kampus itu apakah harus juga ya? Karena ini mau magang atas inisiatif sendiri.

  28. pagi..
    saya sedang dalam proses pembuatan proposal magang untuk kampus (nanti sih.. tp lebih cepat kan lebih baik … hehehe..)
    kira-kira apa saja yang harus saya buat ya?? untuk jurusan periklanan, ilmu komunikasi..🙂

    thanks ya..

  29. mbak.., terimakasih ya wat tulisannya…
    saya merasa terbantu untuk membuat proposal magang…
    thx..

  30. Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

  31. wah.. tulisan anda sangat baik dan menambah pengetahuan dan informasi untuk saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang lainnya dan menambah wawasan. salam dari saya, terimakasih yah

  32. mbak, apa semester 3 dibolehin untuk magang ??
    sy ingin mencari pengalaman kerja dikantor2…

  33. Halo Desy,
    sebenarnya magang kerja di kantor tidak ada batasan semester. Asalkan bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja.
    Coba saja ajukan lamaran ke perusahaan/instansi yang dituju.
    Good Luck!

  34. ayu ah, magang

Tinggalkan Balasan

