“AMCO vs Republik Indonesia” (Studi Kasus ICSID)

Melanjutkan dari tulisan sebelumnya tentang Hukum Penyelesaian Sengketa Alternatif atau di luar pengadilan melalui lembaga arbitrase, untuk perselisihan atau sengketa penanaman modal, akan diselesaikan melalui ICSID (International Center for Settlement of Investment Disputes). Tulisan kali ini hanya sekilas studi kasus yang melibatkan Indonesia dilembaga arbitrase ICSID yaitu pada kasus “AMCO vs Republik Indonesia”. Penyelesaian kasus ini memakan waktu bertahun – tahun lamanya dan juga biaya.

STUDI KASUS “AMCO vs Republic of Indonesia”

Amco Asia Corporation and others v. Republic of Indonesia (ICSID Case No. ARB/81/1)

Fakta – Fakta Hukum

Para Pihak

a. Penggugat : AMCO yang membentuk konsorsium dan terdiri atas :

1. Amco Asia Corporation

2. Pan American Development

3. PT. Amco Indonesia

b. Tergugat : Pemerintah Republik Indonesia diwakili oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

Kasus Sengketa

Pencabutan izin investasi yang telah diberikan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terhadap AMCO untuk pengelolaan Hotel Kartika Plaza, yang semula diberikan untuk jangka waktu 30 tahun. Namun BKPM mencabut izin investasi tersebut ketika baru memasuki tahun ke 9.

Tuntutan diajukan kepada lembaga arbitrase ICSID yang bertempat di Washington DC, Amerika Serikat oleh para investor yang membentuk konsorsium pada tanggal 15 Januari 1981.

Permasalahan Hukum

1. Apakah yang menjadi permasalahan pokok pada pengajuan gugatan oleh AMCO terhadap Pemerintah Indonesia c.q BKPM dalam perkara Hotel Kartika Plaza di Indonesia?

2. Dalam hal apa dan bagaimana pelanggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia c.q BKPM?

3. Bagaimana kesesuaian langkah penyelesaian sengketa yang berkaitan dengan penanaman modal asing ini dengan ketentuan ICSID?

Kasus Posisi

Kasus sengketa antara Pemerintah Indonesia dalam perkara Hotel Kartika Plaza Indonesia telah diputus dalam tingkat pertama oleh lembaga ICSID yang putusannya berisikan bahwa Pemerintah Indonesia telah dinyatakan melakukan pelanggaran baik terhadap ketentuan hukum internasional maupun hukum Indonesia sendiri, dimana Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah melakukan pencabutan lisensi penanaman modal asing yang dilakukan oleh para investor asing seperti AMCO Asia Corporation, Pan America Development dan PT. Amco Indonesia.

Dalam tingkat kedua yang merupakan putusan panitia adhoc ICSID sebagai akibat dari permohonan Pemerintah Indonesia untuk membatalkan putusan (annulment) tingkat pertama yang berisikan bahwa Pemerintah Indonesia dianggap benar serta sesuai dengan hukum Indonesia untuk melakukan pencabutan lisensi atau izin penanaman modal asing dan tidak diwajibkan untuk membayar ganti kerugian atas putusan tingkat pertama, namun Pemerintah Indonesia tetap diwajibkan untuk membayar biaya kompensasi ganti kerugian atas perbuatannya main hakim sendiri (illegal selfhelp) terhadap penanaman modal asing.

Putusan tingkat ketiga oleh ICSID pada pokoknya berisikan bahwa Indonesia tetap dikenakan kewajiban pembayaran terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat pencabutan lisensi atau izin penanaman modal asing kepada pihak investor yaitu sebesar US $ 3.200.000 pada tingkat pertama.

Ketiga badan hukum tersebut diatas, telah mengajukan permintaan kepada Mahkamah Arbitrase ICSID bahwa Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini diwakili oleh badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah dirugikan dan diperlakukan secara tidak wajar sehubungan dengan pelaksanaan penanaman modal asing di Indonesia. Pemerintah Indonesia c.q BKPM telah melakukan pencabutan lisensi penanaman modal asing secara sepihak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Rekomendasi dan Saran

Dengan melihat penyelesaian kasus sengketa penanaman modal asing antara Pemerintah Indonesia c.q BKPM dengan PT AMCO Limited melalui “legal dispute” pencabutan lisensi atau izin penanaman modal asing oleh Pemerintah Indonesia c.q BKPM maka yang perlu mendapat perhatian bagaimana proses beracara melalui arbitrase yang menurut teori dapat dilalui dengan cepat dan hasilnya memuaskan kedua belah pihak, namun dalam praktik seperti pada contoh kasus ini menghabiskan waktu sekitar 9 tahun lamanya.

Namun dalam putusan tingkat ketiga Dewan Arbitrase ICSID dapat diambil suatu pelajaran yang sangat bermanfaat bilamana berhadapan dengan pihak penanaman modal asing bahwa lisensi atau izin yang telah diberikan sedapat mungkin dihindari pencabutannya. Kemudian bilamana terjadi sengketa antara partner lokal dengan pihak penanam modal asing, pihak pemerintah sebaiknya tidak ikut campur dan mengambil tindakan – tindakan yang mengarah kepada pencabutan lisensi atau izin penanaman modal asing itu.

Untuk menghilangkan kesan yang buruk terhadap setiap tindakan yang diambil dalam menyelesaikan perselisihan atau sengketa penanaman modal asing sebaiknya kita terus meningkatkan pemahaman serta memperluas wawasan tentang hukum yang berkaitan dengan penyelesaian sengketa penanaman modal, baik hukum nasional maupun aturan – aturan yang dipakai secara internasional.

^__^” Lebih jauh mengenai kasus AMCO vs Republik Indonesia beserta analisanya terdapat dalam paper saya yang berjudul

Penyelesaian Sengketa dalam Penanaman Modal : Studi Kasus AMCO vs Republic of Indonesia

Now by Request, just leave your name & email on comment space below

**To Prevent Plagiarism**

106 Tanggapan

  1. maslaah penyelesaian arbitrase memang masih jadi polemik…walaupun dengan adanya uu pm…terima kasih apabila memberikan datanya tentang kasus amco…

  2. iya ini memeang masih polemik

  3. Request dong Binchoutan, saya mau paper tentang kasus ini
    boleh ya minta dikirimkan ke email saya
    arigato

  4. Mohon dikirimin makalah kasus AMCO, untuk keperluan bahan tugas kuliah.
    makasih

  5. Binchoutan, sm kya request-an yg lain.. blh minta dikirimkan paper ttg AMCO vs pemerintah RI ke email saia?… mksi sblmnya yaa..

  6. @ Ardi ; Febri; Andi Putri, artikel AMCO yang saya kerjakan baru dapat dikirim akhir Agustus ini, karena file artikel tersebut ada di kompie saya di Bandung, dan saat ini saya sedang tidak berada di Bandung
    Mohon maaf, tapi akan saya kirimkan segera setelah saya kembali ke Bandung, gimana? 🙄

  7. Kasus AMCO sangat menarik bagi saya khususnya pada bagian di mana terdapat argumen pemerintah yang menganggap bahwa PT PMA (yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia) tidak boleh dianggap sebagai “foreigner” dalam konteks Konvensi ICSID. Dengan diberlakukannya UU PM tahun 2007 saya memiliki impresi bahwa pemerintah Indonesia kelihatannya mempertahankan posisi ini. Hal ini dapat dilihat (kesan saya) dari perumusan definisi “penanam modal asing” dan “modal asing” dalam UUPM. Kelihatannya Indonesia tetap konsisten bahwa PT PMA tidak dengan sendirinya dianggap sebagai “foreigner” untuk tujuan arbitrasi ICSID kecuali dengan persetujuan secara tegas dari pemerintah Indonesia.

    Salam

  8. aq juga ank hkum nich..
    blog aq tntng hkum ada juga tuch..
    aq jg mo ngjk tman2 utk brbsnis..
    ank hkum hrus sukses jg dari segi ekonomi..sip!!!
    kunjungi kedua blog aq ya
    http://www.bisnisonlie-adhie.blogspot.com
    jldsptr.multiply.com

  9. Mr. Binchoutan
    request paper ttg Penyelesaian Sengketa dalam Penanaman Modal : Studi Kasus AMCO vs Republic of Indonesia, sbg bahan tugas kuliah…
    dikirimkan ke email saya ya….
    trima kasih sebelumnya.

  10. Mbak Binchoutan,bisa request paper Amco nya? buat bahan tugas kuliah arbitrase…

  11. Dear All… I’ve been sending that paper
    Sorry for being late 😀

  12. request dong, putusan ICSID case amco.

  13. @ Abdul Heris Rusli : wah senang sekali ada pengamat hukum berkunjung ke blog saya. Untuk Arbitral Award on AMCO case, yang saya dapatkan yaitu Decision on Jurisdiction dari situs resmi ICSID.
    Sudah saya kirimkan ke email Bapak. 😉

  14. dear Binchoutan

    Bisa tolong kirimkan putusan tentang sengketa AMCO… saya butuh buat bahan skripsi

    artikel dan petunjuk penelitiannya juga ya….

    bisa kirim di email saya ?

    thx

  15. haiiii… setelah baca blog ini saya jadi kepikiran untuk bikin skripsi mengenai hal ini. bisa detail mengenai kasus ini secara lengkap ga?
    tolong kirim ke email saya yaa..

    chocolatarz@yahoo.com

    sangat ditungguuuuu….

    makasiiiiii… ^ _ ^

  16. Nice……
    but you have to understand,there is a big different between waht you will have in court dan what you get in theory.
    Coba deh benar2 dipahami pengertian dari arti kata “legally binding to each parties” dan “Final and Binding”
    Kalau kita berbicara mengenai penerapan putusan,maka apa yang anda kemukakan mengenai penerapan putusan yang sifatnya “menurut anda” merugikan investor asing, sebenarnya yang harus anda perhatikan justru motivasi apa yang dimiliki oleh Pemerintah RI dibalik putusan aquo.
    Satu hal lagi….
    Coba tanyakan pada Pak Huala Adolf, mengapa ada prinsip Most favoured Nation….
    Tapi,saya kira anda dapat menjawab pertanyaan saya ini,kalau anda bisa menjawabnya, tolong kirim saja ke email saya andessamosir@yahoo.com,because this is a personal question,tar kalalu jawaban anda sesuai dengan nalar dan logika hukum saya,saya kasih hadiah putusan2 international trading baik mengenai UBT,Technical Barrier to Trade or Text Booku tentang Trading deh, suuuueeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  17. saya tertarik dengan disertasi Om, karena saya sedang proses Skripsi jadi saya harap anda dapat membantu saya untuk mengirm kasus amco vs Indonesia ke e-mail saya. Terima kasih. ^_^

  18. maaf, bisakah saya minta kronologis kasus amco vs pemerintah indonesia secara lengkap, ya pokoknya segala sesuatu tentang sengketa ini.untuk bahan bikin skripsi.trima kasih.winarno, mahasiswa fakultas hukum universitas lampung

  19. Request dong Binchoutan,
    saya mau paper tentang kasus PT Amco
    ap bs dikirimkan ke email saya

    thanks

  20. tolong kirimkan juga donk study kasus PT amco vs RI terutama putusan yang berisi pertimbangan2 hukum dari majelis arbritasenya. di tunggu ya tq

  21. Pls bantu dong kirimin / email paper tentang kasus PT Amco

    Many thank

  22. Hai Binchoutan, tulisan2nya bagus n banyak menambah wawasan. Saya sedang menulis paper ttg arbitrasi, kalau boleh tolong kirimkan paper AMCO ke email saya.

    Thanks

  23. @ All : huuum bingung niy mana yang udah, mana yang belum saya kirim ya? Sorry.. 😈

  24. hy. mo bikin skripsi ni trus mnta pappernya donk buat bahan!? thanks.

  25. salam kenal,,

    Mr. Binchoutan…saat ini saya sedang menyusun skripsi tentang kasus amco ini tapi saya menelaahnya dari sudut penyelesaian sengketanya melalui arbitrase dalam hal ini ditangani oleh icsid.

    Nah,, sampai sekarang saya belum mendapatkan putusan kasus ini dari awal sampai akhir.

    Ingin minta tolong nih dibantu ma Mr..tuk bagi referensi putusan amconya donk….>

  26. Minta dikirim artikel
    Penyelesaian Sengketa dalam Penanaman Modal : Studi Kasus AMCO vs Republic of Indonesia
    terima kasih atas bantuannya

  27. Mas Binchoutan,
    Pls bisa bantu saya untuk send kronologis kasus PT Amco
    ke email saya untuk bahan paper

    Many thanks

    Rgds

    Firman

  28. Hi, bolehkah saya dapatkan paper mengenai kasus PT Amco ini? Thanks b4.
    Cat.

  29. hi. gw baru nie!!
    olease minta papernya!! boat kompre nich

  30. Penyelesaian Sengketa dalam Penanaman Modal : Studi Kasus AMCO vs Republic of Indonesia minta dong

  31. plese gw minta dong kirim ke email gw dong yang kasus Penyelesaian Sengketa dalam Penanaman Modal : Studi Kasus AMCO vs Republic of Indonesia, sol, mo dead line nie
    fumia_asakura@ymail.com

  32. boleh mint papernya ga?penting banget nih.
    bot tanggal 02 maret skrg. please
    arf_kun@yahoo.co.id

  33. @ ALL : silahkan cek email… smoga bermanfaat yaah teman2

  34. haii.. aku tertarik sm tulisan ini, dan mgkn mau bkn paper ttg ini, blh tlg diimelin?

    trmksh byk..🙂

  35. minta dong Penyelesaian Sengketa dalam Penanaman Modal : Studi Kasus AMCO vs Republic of Indonesia
    buat bantuin tugas uiyy

  36. waw nice job..
    tepat banget ama tugas ADR neh.. boleh minta papernya bwt bahan gak??? tlg kirimin ke email yaahh… reinhrt@gmail.com
    thanks before…

  37. mba, minta tolong kirim versi lengkapnya ke imel saya yah..
    makasi banyakk..

  38. mba, minta tolong kirim versi lengkap paper amconya dunks, buat tugas kuliah mendesaaak. thengkyu

  39. alo binchoutan

    aq butuh banget neh kasus buat referensi aq.

    please bgt kirimin ya ke email aq daniel_c0k3r05@yahoo.com

    thanks bgt

  40. mba binchoutan minta versi lengkapnya dari kasus AMCO vs Indonesiany dunk..tolong yah..
    klo bisa si scepatnya kirim k email saya..
    makasih sbelumnya…

  41. Halo nona binchou.

    Saya mau turut request artikel
    Penyelesaian Sengketa dalam Penanaman Modal : Studi Kasus AMCO vs Republic of Indonesia.

    Sebelumnya, terima kasih atas bantuannya
    Best Regards”

    beniqno_1977@yahoo.com

  42. salam kenal mba, saya mahasiswa s1 d Bandung…..klo g keberatan mohon bantuannya mba, sy bisa dapat versi lengkapnya kasus AMCO vs BKPM ini mba email ke email saya.

    terima kasih atas bantuannya,

    Yusuf Adi
    email: yooz1979ers@yahoo.co.id; cupretadi@gmail.com

  43. salam kenal,

    saya sedang belajar hukum kontrak internasional, saat ini sedang berbicara kasus AMCO ini di kelas, boleh kah saya mendapatkan paper anda ?

    terima kasih banyak

  44. ms. binchou, mw request paper ato artikel-nya dunk…

  45. salam kenal, mas mau request paper nya dong. untuk tugas kuliah. terima kasih
    christine.tambunan@gmail.com
    terima kasih ya mas🙂

  46. @ ALL : mana yang udah mana yg belum yaah? jadi bingung saia… sorry klo ada yg blum dikirim coz mpunya blog lg puyeng skripsi

  47. saya belum dikirim…
    tolong dikirim yaa…urgent…:)
    terima kasih banyak sebelumnya dan goodluck
    GBU

  48. @ Lian : udah deh kyknya..

    To ALL… yang mpunya blog lagi ngurusin skripsi.. OFF dulu dari dunia per-blogging-an… jadi jgn request dulu yaa

  49. Siip…thx a lot…dah keterima…
    tulisannya bagus sekali n bermanfaat…
    semoga skripsinya lancar yaaa…
    cheers
    Lian

  50. mr. Binochutan.. Minta tolong dong.. Kirimin papernya k email saya ya pak. Saya tertarik dengan kasus ini.. Terima kasih ya pak..

  51. Bagus….. dan salam dari Yogya

  52. mohon dikirimkan paper mengenai studi kasus amco vs indonesia u/bahan kuliah.

    terima kasih

  53. mohon dapat dikirimkan paper studi kasus amco vs ina, untuk bahan kuliah penanaman modal

  54. Salam kenal, mohon dapat dikirimkan paper studi kasus amco vs ina, untuk bahan kuliah penanaman modal. terima kasih.
    mon_abhee@yahoo.com

  55. Yth. Binchoutan

    Salam Kenal, mohon kiranya masukannya dalam bentuk paper studi kasus AMCO-RI untuk bahan diskusi kami dalam hubungannya iuri gestiones dalam kontrak komersil.

    Terima Kasih
    nugrahadi.hy@gmail.com

  56. akhirnya….mba makasih banyak da buat paper studi kasus amco vs ina…bener-bener berguna banget mba..mohon bisa mba share ke wie tu nambah ilmu wie karena saat ini lagi bahas tentang arbitrase…makasih sebelumnya ya mba..ditunggu loh mba..

  57. @ ALL : mungkin ada beberapa yang belum saya kirimkan papernya, karena terlewat. mohon maaf yaa..karena yg punya blog lagi kebut skripsi, jadi jarang diurus blognya akhir2 ini.
    Salam. ^___^”

  58. dear Ms. Binchoutan,
    kebetulan kelas kami lg membahas topik pengadilan lewat lembaga arbitrase, bisa di share mbak, paper selengkapnya kasus AMCO vs Ind ini untuk bahan diskusi kami, trimakasih banyak sebelumnya!
    chayo buat skripsinya

  59. Hi there,
    Boleh minta papernya, saya butuh buat referensi kuliah business laww.
    thanks a lot.

  60. dear ms. binchoutan,
    saya mhsiswa s2 up dikelas kami mk. hukum dagang internasional sedang membahas konvensi2 paris, ny, icsid bisa mnta papernya g utk bhn diskusi??? thx b4

  61. Hi, boleh diemail kasus AMCO yang lengkap sebagai referensi bahan ajar? (email: velliana.tanaya@hotmail.com)
    terima kasih.

  62. Slamat pagi, sy mhn kasus AMCo dari paper saudara di emailkan ke email sy yg tertera diatas, untuk bahan tugas akhir saya,
    trimakasih banyak,
    GOD BLESS US..

  63. Hallo Ms. Binchoutan,🙂
    Saya sedang mengerjakan tugas akhir tentang ICSID dan kebetulan saya juga harus menjelaskan perihal kasus AMCO VS RI ini. Mohon dikirimkan secara lengkap mengenai kasus ini sebagai referensi dalam skripsi saya. Maaf yaa sebelumnya, kalau bisa tolong dikirimkan dalam waktu 2 hari ini, karena saya akan konsultasi pada dosen saya. Apakah Ms. Binchoutan keberatan? Terima kasih sebelumnya🙂 Saya tunggu yaaa kiriman emailnya🙂

  64. bole mintaa penyelesaian kasus yang lengkap ga ?
    lagi butuh info buat belajar ni – business law😦
    mau ada presentasi gituuuu
    jadi butu referensiii

    thxxx

    Laura (claus_1010@yahoo.com)

  65. dear Ms. binchoutan
    saya sedang mengerjakan tugas akhir tentang arbitrase yang menyangkut penanaman modal,,,,
    mohon kirimkan kasus ini yang lengkapke email saya.

  66. Binchoutan, sama kaya request yg lain.. saya boleh minta dikirimkan paper ttg AMCO vs pemerintah RI? ke email saia.… krn saya sedang mengerjakan skripsi dan saya butuh data-data mengenai AMCO vs pemerintah RI. terima kasih sblmnya.

  67. tolong kirim makalah anda yang kasus amco ini dong, untuk bahan tugas kuliah saya..
    ke email saya aja ya, divo_putra_giggs11@yahoo.com
    terima kasih…

  68. tolong saya juga sama, req paper tersebut……. klo bsa krm ke email saya…
    karena banyaknya permintaan knp gag di uplot aja boz…. kan jd bs donlod sendiri… ato yx laen kalo udah yx uplot ke hosting engine…. share linknya yaaaaaaaaah……

  69. Binchoutan, sy jg blh minta papernya? ke ciela_midnight@yahoo.com buat tgs kul nih🙂 thx b4!

  70. binchoutan,,tolong saya juga y… req paper nya….klo bz qrm k email sy…. ke mvp_girl90@yahoo.com

  71. Bisakah saya minta surat putusan MA nya
    termiakasih

  72. Bisakah saya minta surat putusan pengadilannya
    termiakasih

    enricofumira@yahoo.co.id

  73. dear Ms. Binchoutan
    kebetulan ni kelas saya akan membahas ICSID, boleh dong dibagi artike kasus amco vs indonesia untuk sebagai bahan di kelas

    terima kasih banyak ya

  74. dear Ms. Binchoutan
    aku juga mw dong papernya. aku lgi butuh referensi buat pnyelesaian sengketa di ICSID. Cs, aku jg jurusan Hukum Internasional, jdi pgen cri tw bnyk ttg Peny kasus di ICSID. Plis sent in this email: red_jeannete@yahoo.com

  75. Hii ms.binchoutan
    aq maw dung paperx buat referensi niyy ….makasi

  76. Hii ms.binchoutan
    aq maw dung paperx buat referensi niyy ….makasi
    ni almt imelnya: diva.pitaloka@yahoo.com

  77. Dear Binchoutan,

    bisa minta papernya ga? saya lagi mau buat essay tentang FDI, kalau boleh papernya buat salah satu bahan referensi. Dan kalau bisa sekalian dengan putusan ICSID-nya.

    Terima kasih🙂

  78. tolong dikirimkan paper ttg studi kasus amco vs indonesia ya..
    makasih

  79. kalo boleh saya ingin dikirimi juga papernya, menarik sekali untuk diskusi kelas saya. mohon dikirim ya, terima kasih🙂

    ninaanda(at)gmail(dot)com

  80. Menarik sekali pembahasannya, mohon dikirim ke email saya, terima kasih ya.

  81. bisa di kirim penyelesaian sengketanya gak di email?

  82. mohon bantuannya untuk bisa dikirimkan papernya,untuk bahan tugas kuliah.
    saya R. Editya Hernugraha/mahasiswa..trims

  83. pak boleh minta putusannya untuk dikirim ke email saya kalo boleh untuk tugas kuliah saya pak…terima kasih sangat..

  84. Dear Binchoutan….
    boleh dong dikirim papernya….sebagai salah satu bahan referensi saya mengerjakan tugas. thx ya

  85. permisi Binchoutan. Boleh tidak minta papernya untuk lebih medalami kasus ini sebagai pembelajaran. terima kasih

  86. selamat pagi Binchoutan….saya lg ada tugas tentang hkum internasional yang membahas masalah AMco,minta Ijin untuk berbagi ilmunya..kalo bisa minta tentang tinjuan yuridis terhadap keputusan tersebut..v0852929@yahoo.co.id

  87. bagi infonya ttg kasus AMCO.. thanks

  88. Saya mau dikirim paper “Penyelesaian Sengketa dalam Penanaman Modal : Studi Kasus AMCO vs Republic of Indonesia” dong untuk bahan tugas kuliah. Mohon dikirim ke otresna@yahoo.co.id ya terimakasih🙂

  89. mas,
    paper amco vs indonesia ini masih adakah??
    boleh minta tolong dikirim tidak???
    henry.silalahi@live.com
    buat referensi paper
    makasih yaa

  90. boleh saya minta dikirimkan paper saudara untuk bahan bacaan dan sebagai bahan referensi? terimakasih

    Kind regards,
    natassa
    narave89@gmail.com

  91. Hallo, boleh minta tolong dikirimkan papernya untuk bahan bacaan kuliah?? Terimakasih banyak!!

    Kind regards,
    Dinda
    dinda.annisa.nur.asri@gmail.com

  92. saya juga mau dong paper ini untuk bahan tugas

    terimakasih,

    anissa.faricha@gmail.com

  93. boleh minta papernya pak ke email saya m.ridwan.n@ridwanforge.net

  94. mbak, blh di emailin ke saya ga ? donellapitojo@yahoo.com
    lgi butuh banget utk bahan tugas. terima kasih.🙂

  95. kirimkan ya peaper penyelesaian kasusu ini, sangat menarik untuk di bahas. email saya, mochi_alyahuza@ymail.com

  96. mauuu dong kasus nya
    riajagoan@yahoo.co.id
    makasih

  97. minta hasil putusannya donk….. jadi tertarik ma kasus ini,.. untuk refrensi belajar

  98. mau dong kasusnya..buat referensi
    rova_valentina@yahoo.com

  99. Boleh lihat kasusnya? Saya butuh untuk referensi tugas paper hukum investasi saya, terima kasih sebelumnya. Bisa dikirimkan ke email saya neverland_addict@yahoo.com
    terima kasih

  100. boleh dikirim ke adhyatmadito@yahoo.com? terimakasih

  101. Mau donk Papernya kebetulan ada tugas Hukum Perdata Internasional tentang kasus ini .. email saya justamiruddin@gmail.com Terima Kasih banyak sebelumnya

  102. Halo mas.. saya ingin bahas kasus ini buat paper saya..

    Bisa minta tolong dikirim kan ke batakprince@gmail.com tidak? Terima kasih

  103. kasus ini menarik untuk dibahas. utk lebih jauh lagi pembahasannya bisa minta tolong mas kirim untuk sebagai bahan acuan dan refrensi ke emai saya priambodorin@gmail.com

  104. ane juga mau buat tugas saya bisa tolong kirim putusan ke satriadimas.sds14@gmail.com

  105. Request, untuk keperluan perkuliahan

    Nama : Luhtu
    Email : luhtubudiarti@gmail.com

    terimaksih🙂

  106. Mau dong papernya, minta tolong kirim email ya, makasih riadisetia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: