Twitter anyone?

Bosan dengan Facebook yang semakin dipenuhi orang – orang yang tidak dikenal plus alay – alay yang suka add secara random, kini saya beralih ke situs micro blogging Twitter.

twitter_logo

Dengan twitter ini kita bisa men-Tweet kan berbagai hal seperti aktivitas yang sedang dijalani, informasi yang singkat dan padat, hingga mengirimkan komentar ke teman-teman yang kita follow dan semuanya itu dalam 140 karakter saja. Sangat terbatas memang, tapi informasi yang dikirimkan menjadi lebih efisien.

Bagaimana memulai twitter? tentu saja kita harus punya account di Twitter ini dengan sign up di http://twitter.com dan isikan data – data yang diminta. Untuk username sebaiknya pilih yang singkat, karena keterbatasan karakter itu tadi dan tidak harus nama asli. Sedangkan pada bagian full name isilah dengan nama asli, agar memudahkan pencarian.

Nah.. yang menjadi masalah dalam twitter ini, tidak adanya notification otomatis seperti di facebook dan pemberitahuan lewat email, jika ada seorang teman atau follower yang melakukan reply, retweet, mention, dsb. Sehingga kita harus seringkali refresh manual halaman tadi untuk melihat hal tersebut.

Agar aktivitas twitteran semakin menyenangkan dan mudah, ada dua aplikasi tambahan yang banyak dipakai para Tweetaddict, yaitu TweetDeck dan Twhirl . Jadi setiap ada teman yg kita follow update tweet-nya, reply, retweet, mention, direct message, maka dengan aplikasi ini akan muncul pop-up secara otomatis. Saya berikan sedikit gambaran tentang TweetDeck & Twhirl.

TWEETDECK

bisa download disini http://tweetdeck.com/beta/

Aplikasi ini akan menampilkan secara bersamaan tweet dari teman, reply & mention, serta direct message. Setiap ada notification baru maka akan muncul pop-up dengan bunyi “thruuuurt” seperti suara burung.

tiga kolom TweetDeck

tiga kolom TweetDeck

TweetDeck Notification di pojok kanan atas

TweetDeck Notification di pojok kanan atas

TweetDeck v0.26.4

TweetDeck v0.26.4

Dengan menggunakan aplikasi TweetDeck ini, pengguna juga dapat membuka dan menerima update status dari account Facebook miliknya.

TWHIRL

bisa di download disini http://www.twhirl.org/

Tampilan aplikasi Twhirl ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan TweetDeck. Home, Reply & Mention, Direct Message tidak ditampilkan dalam satu layar, sehingga mengharuskan pengguna untuk mengklik bagian yang ingin dilihatnya. Pop-up yang muncul tiap kali ada update terbaru pun menampilkan username, avatar dan isi tweet. Alert dari Twhirl ini lebih simple dan bisa diatur volumenya.

Tampilan dari Twhirl

Tampilan dari Twhirl

Pop-up Twhirl di pojok kanan bawah layar

Pop-up Twhirl di pojok kanan bawah layar

Twhirl juga memungkinkan ditampilkannya update dari account lain seperti Identi.ca; Laconi.ca; FriendFeed; dan Seesmic. Sejauh yang sudah saya coba, aplikasi ini belum bisa membuka account facebook yang kita miliki.

Gimana?? makin mudah donk untuk terus ber-twitter ria… Kedua aplikasi ini juga sama – sama dapat meng-upload foto kedalam twitpic dan memperpendek url sebuah situs. Saya sendiri cukup lama menggunakan TweetDeck, sampai akhirnya mencoba Twhirl yang lebih simple dan tidak memakan tempat. Selain itu alert dari TweetDeck yang “thruuuuurt” terkadang cukup mengganggu, sedangkan Twhirl hanya sekali berbunyi “ting” dan sudah sekaligus menampilkan username,avatar dan isi tweet. Pop-up nya pun dapat diatur volume alert dan lama munculnya.

Baca juga review TweetDeck vs Twhirl disini

Sekian dulu review dari saya Tweetaddict…  (^^,)

twitter101

@Apienx

12 Tanggapan

  1. Mantap nih infonya…
    Terimakasih telah berbagi…

  2. bener tuh mbak binchoutan
    tweetdeck berisik
    mau tanya mbak… antara tweetdeck dengan twhirl, mana yang lebih cepat terima updatenya?

  3. yang TWHIRL belom pernah dicoba, ntar ah dicoba….
    thanx infonya…😉

  4. salam, sy Agus Suhanto, posting yang menarik🙂 … lam kenal yee

  5. @ Dangstars : okey sama… semoga membantu buat yg masih suka kebingungan sama Twitter..:mrgreen:

    @ R.B. Putra : sebenarnya TweetDeck bunyinya lucu kok… thhruuuuuuuut… antara TweetDeck dengan Twhirl sewaktu saya bandingkan, memang lebih cepat TweetDeck kalau soal terima notif baru

    @ Lady Emge : siip… coba-coba aplikasi tambahan biar makin seru twat-twet.. btw blum nyoba TwitterFox nih..

    @ Agus Suhanto : salam kenal juga Mas Agus.. nanti saya mampir juga ke Blog anda yaah..

  6. Kalau saya lebih suka pakai PLURK walau saya juga pakai twitter, jadi hasilnya ketika update plurk, maka status di Facebook, Friendster, Twitter, Multiply dan bahkan blog, akan terupdate otomatis.

    Walau harus diakui jaringan twitter lebih banyak yang mendukung untuk saat ini😀

  7. kayaknya gak lama lagi facebook kalah ya sama twitter

    makasih infonya, sekarang jadi gak ribet pakai twitter

    salam kenal😀

  8. @ Cahya: oh ya saya juga pernah coba dengan plurk..tapi sekarang sudah tidak lagi, karena status untuk FB & Twitter, ingin saya bedakan. Untuk Twitter lebih sering, toh yg follower/baca teman2 yang saya kenal..kalau FB update statusnya sesekali saja, karena semakin banyak orang yg tidak saya kenal di friends list.. hehehe:mrgreen:

    @ Made GelGel : biasalah musiman.. dulu FS, trus Myspace, Multiply, FB, Plurk, Twitter, dll.. selalu ada yg baru… dan kalau kita punya ID di masing2 situs tersebut, yaaah cukup menandakan kita eksis d dunia maya.. hihihi😆

  9. mantep dah..coba twitter juga dah gua,….

  10. sekarang gw udah make sesuai dengan browser yang lagi dipake pienk, hehe😀

    *udah lama ga berkunjung ke blog temanku ini, huhu kangeeennn….😦

  11. thanks sudah berbagi, salam kenal dan sukses

  12. thanks ya aplikasinya, kayaknya bakal lebih seru ngetweetnya nih,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: